“Markaz London” Batal Berdiri

Rencana pembangunan masjid “Markaz London” di  kawasan Stratford, West Ham, dekat stadion Olympic London Timur nampaknya harus dibatalkan. Pihak berwenang London pada tanggal 18 Januari 2010 menyatakan bahwa panitia yang berencana membangun masjid tersebut, terlambat untuk mengajukan aplikasi perencanaan tepat pada waktunya. Pihak berwenang bahkan memberi peringatan agar panitia untuk sementara waktu menutup masjid yang saat ini telah beroperasi di lokasi tersebut.

Masjid yang direncanakan selesai pada tahun 2012 rencananya mempunyai ruangan yang bisa memuat sekitar 12.000 jamaah di timur kota London. Bahkan untuk even-even tertentu, misalnya ijtima’ Eropa, masjid ini mampu menampung hingga 70 ribu orang jamaah.

Sejak awal, rencana pembangunan masjid ini cukup menuai banyak kontroversi.  Sejak tahun 2007, sekitar 48.000 orang telah mengajukan petisi ke pemerintah kota London untuk membatalkan serta mencegah pembangun masjid tersebut.

Berita belum berhasilnya rencana pembangunan masjid tersebut mudah-mudahan dapat diambil hikmahnya bagi kita semua. Bahwa usaha agama ini keberhasilannya bukan terletak pada sejauhmana megah atau besarnya markaz, tetapi terletak pada pengorbanan kita semua. Sejauhmana kita mau tambah pengorbanan, sejauh itu pula insyaallah Allah SWT akan memandang kita. Peristiwa itu mudah-mudahan dapat memotivasi kita untuk bersungguh-sungguh lagi dalam usaha dakwah ini.

Di Indonesia, seperti kita ketahui, tahun 2010 ini di Indonesia, tidak akan diadakan ijtima’ sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Ini bukan berarti bahwa kita boleh istirahat, bahkan sebaliknya, kita harus bekerja lebih keras lagi agar target-target yang telah dibebankan kepada kita dapat tercapai. Gimana tuan-tuan ?….

6 Responses so far »

  1. 1

    Farouk Ahyar said,

    Asalamualaikum Bro, Sila dengar live streaming dari Jord KL 11-14 jun Masjid Jamek Seri Petaling 9am- 10.30pm Malaysian Time di radioislam-nusantara.com

  2. 2

    Assalammualaikum Wr Wb
    Terima kasih atas tanggapan anda. Tulisan anda memberikan inspirasi bagi saya untuk ngutak-atik dunia maya. Jujur saja saya memang nol soal internet. Namun tulisan anda betul2memberikan inspirasi bagi saya. Sekalipun pensiunan tidak ada kata terlambat untuk bermain dunia maya.
    Saya pergi ke warnet bergabung dengan anak-anak sekolahan dan mencoba-coba sekenanya. Dan masih sering bingung untuk merespon segala yang muncul di monitor, tapi jalan terus deh….. Pecobaan-percobaan itu sangat bermanfaat bgi saya.
    Sekali lagi atas tulisan anda yang inspiratip dan motivatip, saya betul-betul menikmati dunia baru untukmencurahkan segla hal dan bertanggung jawab. Namun sayang pensiunan yang lain masih belum tergerak…. mudah-mudahan ke depan mereka semua melek internet. Mudah-mudahan internet ini bisa menghambat saya dari kepikunan. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan anda.
    Wassalam
    Tjetjep Djuhanda.

    ::>Bapak Tjetjep Djuhanda
    Waalaikum salam wr. wb.
    Blog Bapak cukup bagus kok Pak dan isinya juga cukup inspiratif. Apalagi untuk ukuran pemula. nah untuk mempercantik misalnya untuk pembuatan header/logo, Bapak perlu juga belajar Potoshop (untuk mengedit & mengolah photo).
    Terima kasih juga atas doa dan harapan Bapak.
    aljohan

  3. 3

    adi said,

    jemaah 4bln khuruj di london yg baru saja wapsi seminggu yang lepas mengatakan bahawa antara punca pembatalan pembinaan markaz tersebut ialah halangan daripada beberapa buah kilang yang telah wujud berdekatan dengan tapak maarkaz tersebut. Mereka kuat menentang agar usaha untuk mendirikan markaz tsebut dibatalkan.
    sebenar2nya Allah belum izinkan lagi…

  4. 4

    bagaomana perekembangan terakhir pembanguan messjid di London ini

    ::> Bakaruddin Is
    Belum ada kabar lagi Pak.., tetapi di lokasi tersebut sudah ada masjid yang lama…

  5. 5

    Assalamualaikum… kat negara Greece dah ada markas ke?

  6. 6

    ibnuhatari said,

    Akum,
    Pembinaan markaz london itu, pada dasarnya tidak mndapat ijazat dpd org2 tua kita dpd nizamuddin, terutamanya hazrat m saad khandalvi db. Itu adalah salah satu sebab mgapa Allah tak mudahkan bdirinya markaz mega london itu sendiri.

    Karkuzari ini saya dgr dpd org2 lama yg buat usaha di england semasa d nizamuddin tahun 2010


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: