:: Jusuf Kalla & Jamaah Tabligh

Hari Kamis sore, tanggal 30 April 2009, beberapa waktu setelah mengumumkan pencalonan dirinya menjadi Calon Presiden, Pak Jusuf Kalla beserta rombongan kecil  mendatangi sebuah masjid tua di bilangan Jalan Hayam Wuruk 83 Jakarta. Masjid tua itu lebih dikenal dengan nama Masjid Jami Kebon Jeruk, sehari-harinya masjid itu digunakan sebagai pusat kegiatan jamaah Tabligh Indonesia.

jk2

Sebelum mengikuti kegiatan malam “markaz”,  aktifitas rutin setiap malam Jum’at  di setiap markaz Tabligh di seluruh dunia, Pak JK singgah sebentar  di kediaman Pak Cecep Firdaus, sesepuh masjid, yang letaknya tidak begitu jauh dari masjid tersebut. Tujuan kedatangan Pak JK, sebagaimana disebutkan oleh Pak Teddy Abu Hasan, ada dua, pertama untuk sillaturrahim, kedua untuk memohon doa restu atas pencalonan Pak JK.

Hubungan Pak JK dan Pak Cecep khususnya, serta pada aktifitas Tabigh pada umumnya, sebenarnya sudah berlangsung cukup lama, bukan hubungan yang tiba-tiba terjadi saat  menjelang pemilihan Presiden saja.

jk

jk3

Dalam even-even besar yang diadakan oleh para aktifis Tabligh, semisal ijtima (pertemuan)  Indonesia yang rutin diselenggarakan setiap tahun, Pak JK hampir selalu menyempatkan diri untuk hadir. Meskipun dalam forum-forum tersebut, Pak JK “hanya” disambut dengan cara yang sangat sederhana dan tidak pernah diberi kesempatan untuk berbicara di depan umum, Pak JK kelihatan menikmati suasana dan kekhusyuan forum tersebut. Beliau selalu tawadlu mendengarkan bayan dari para masyaikh yang memberikan nasehat pada forum tersebut.  Pendek kata, terdapat hubungan batin yang cukup mendalam antara Pak JK dengan dengan para sesepuh tabligh dari dalam maupun luar negeri.jk4

Pun pada malam itu, Pak JK juga tidak diberi kesempatan untuk berbicara di depan ribuan jamaah masjid yang hadir. Beliau hanya duduk mendengarkan saja nasehat dari mubayin yang pada malam itu kebetulan disampaikan oleh Pak Cecep Firdaus sendiri.

Kami ingat beberapa patah kata yang disampaikan oleh Pak Cecep soal kedatangan Pak JK  pada malam itu. Pertama, Pak Cecep menyampaikan ucapan selamat datang dan bersyukur Pak JK bisa hadir di tengah-tengah jamaah. Kedua, Pak Cecep minta kepada para jamaah untuk mendoakan agar Pak JK mendapat kedudukan yang terbaik !, bukan doa agar Pak JK dimenangkan dalam Pemilu dan diangkat menjadi Presiden.

Apa yang terjadi di dalam masjid tidak banyak diliput oleh media massa pada saat itu. Yang ramai diberitakan dalam pemberitaan adalah adanya insiden pelemparan batu yang diarahkan ke iring-iringan mobil Pak JK dan rombongan.

Kini kita tahu, bahwa Pak JK sudah tidak lagi menjadi  Wakil Presiden, beliau juga tidak menjadi presiden RI karena kalah suaranya dengan Pak SBY, urusan politik di Golkar pun juga sudah diserahkan kepada orang lain. Kini Pak JK kembali lagi menjadi orang biasa.

Meskipun begitu, Pak JK akan tetap dikenang banyak orang karena sikap, tindakan dan berbagai gebrakannya selama ini. Kita dapat banyak belajar dari kehidupan Pak JK, sebagai pribadi maupun sebagai pejabat, bagaimana Pak JK menjalani hari-hari dalam kehidupannya, bagaimana Pak JK menyikapi kekalahannya dalam PilPres, bagaimana Pak JK menyelesaikan berbagai konflik dan permasalahan berat di republik ini, bagaimana kerja keras dan kesungguhan Pak JK dalam memajukan bangsa ini dan sebagainya dan sebagainya.

Kini Pak JK lebih banyak mempunyai waktu luang dan tidak banyak lagi terikat dengan masalah protokoler. Pak JK tetap bisa melanjutkan pengabdiannya di berbagai bidang  yang sudah menjadi konsennya sejak lama ; agama, sosial, pendidikan dan lain-lainnya.

Mudah-mudahan Pak JK selalu mendapat kedudukan terbaik, di masa kini dan masa yang akan datang. Doa inilah yang juga dipanjatkan oleh seluruh jamaah yang hadir pada malam ijtima’ di masjid Kebon Jeruk saat itu. Semoga !

32 Responses so far »

  1. 1

    peter abdulgani said,

    Assalamualaikum,

    simpati terhadap jamaah Tabligh telah merata diseluruh Indonesia,banyaknya kata2 sumabang yg sangat berbahaya dari sesama muslim sendiri SALAFI/WAHABI.
    Perlu mewaspadai akan tidak terpancing dng komentar/fitnah yg mereka sebarkan.

    • 2

      zhetha said,

      Dalam hal ini marilah kita umat islam semua, pengikut Muhammad SAW berpegang teguh pada tali Allaah (Bihablillaah) dan jangan sampai hati kita tidak menyatu karena perasaan dengki satu sama lain. Kebenaran (Al Haq) hanyalah Allaah, kita patuh dan mengikuti tuntunan Allaah berarti kita bukanlah kebenaran itu sendiri melainkan kita hanyalah mengikuti kebenaran karena kita mengikuti Al Haq.

      Barangsiapa yang merasa benar maka berarti dia menyatakan dirinya sebagai “Kebenaran” karena itu dia tidak mau mendengarkan orang lain. Namun barang siapa merasa dirinya hanyalah seorang pengikut/hamba maka dia akan selalu ingin tahu (mengecek) apakah dirinya senantiasa berada di jalan kebenaran atau sudah menyimpang.

      Orang buta dan tuli tidak akan mungkin bisa berjalan lurus, karena itu orang yang tidak mau mendengar dan tidak mau melihat jalannya bisa menyimpang.

      “Wahai orang – orang yang beriman! Bertaqalah kepada Allaah dengan sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.”

      “Dan perpegang teguhlah kamu semuanya pada tali Allaah, dan janganlah kamu bercerai – berai, dan ingatlah nikmat Allaah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allaah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan kamu (ketika itu) berada di tepi jurang neraka, lalu Allaah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allaah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”

      “Dan hendaklah diantara kamu ada umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang – orang yang beruntung.”

      “Dan janganlah kamu menjadi seperti orang – orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan meraka itulah orang – orang yang mendapat azab yang berat,”

      “pada hari itu ada wajah yang putih berseri, dan ada pula wajah yang hitam muram. Adapun orang – orang yang berwajah hitam muram (kepada mereka dikatakan): Mengapa kamu kufur/ingkar setelah beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekufuranmu/keingkaranmu”.

      “Dan adapun orang – orang yang berwajah putih berseri, mereka berada dalam rahmat Allaah; mereka kekal di dalamnya”.

      “Itulah ayat – ayat Allaah yang Kami bacakan kepada kamu dengan benar, dan Allaah tidaklah berkehendak berbuat aniaya di seluruh alam”.

      (Q.S Ali ‘Imran[3]: 102-108)

      Saudaraku, marilah kita menyebarkan ayat ini kepada saudara2 kita yang lain agar sifat ashhobiyah (fanatisme golongan) bisa hilang, sifat sombong dan dengki bisa di kikis habis dari dalam qolbu kita, sehingga hatia kita menyatu. Barang siapa menyerang suatu golongan atau secara langsung maupun tidak langsung memberikan cap/label “golongan” pada suatu umat maka dia termasuk yang sengaja mencari perselisihan dan memecah belah. Kalau melihat kemungkaran, hendaklah yang diseru adalah orang mukmin itu sendiri yang berbuat mungkar, bukannya mencap golongan ini golongan itu kemudian di tambah label sesat dibelakangnya.
      Dan hendaklah umat yang telah mendapat cap/label “golongan/kelompok” agar bersabar dan tawadlu untuk senantiasa terbuka menerima kebenaran dengan cara mau “mendengar dan melihat” nasehat dan kebenaran. Hendaklah mengesampingkan fanatisme kelompok, dan janganlah membalas kebatilan dengan kebatilan. Sebaliknya, balaslah keburukan dengan kebaikan. Sebaik-baik insan di sisi Allaah adalah yang paling baik akhlaknya (budi pekertinya) dan paling baik ketaqwaannya.

  2. 3

    Hidayatullah said,

    salam ziarah
    smoga kekal dalam usaha ini..
    saya nk link
    trima kasih

    ::> Hidayatullah
    Jazakallah, mudah2an bermanfaat

  3. 4

    bayu said,

    JAZZAKALLAH KHOIR

  4. 5

    Manul said,

    Ap prnah jk ikut jt

    ::> Manul
    Dalam beberapa tahun ini setiap kali ada pertemuan Indonesia beliau selalu menyempatkan diri untuk hadir…

  5. 7

    learningquranonline said,

    I don’t know If I said it already but …Cool site, love the info. I do a lot of research online on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say I’m glad I found your blog. Thanks

    Learn Quran online, Read tajweed Quran online, learning Quran online Koran

  6. 8

    solikh said,

    saya sangat mendukung adanya jamaah tabligh ini dan pernah keluar selama 3 hari tapi koq akhir-akhir ini saya lihat jamaah tablig di daerah saya keliatannya agak lain misaknya
    1.meraka (jamaah Tablig) selalu memisahkan diri dengan jamaah yg lainnya terutama ketika ada pengajian kecuali klo ustadnya dari jamaah baru mereka duduk paling depan, mengapa bisa begitu padahal kita kan sama2 umat islam dan sama2 harus mendengarkan ilmu walaupun ilmu itu diberikan oleh jamaah lain selama jamaah itu tidak dilrang dan tidak menyimpang. (jadi menurut saya ada kesan eklusif atau ingin menunjukan kepada jamaah lain bahwa jamaah Taligh yg paling super segalanya).
    2.ketika saya mengikuti shalat subuh berjamaah (bareng dengan masyarakat lain) berjamaah dan ketika sudah melakukan salam terakhir ternyata ada salah satu anggota jamaah tabligh yg kesiangan maka imam daripada jamaah tabligh tersebut langsung melaksanakan shalat (yg entah shalat apa….?) dan berjamaah suratnya dibacakan kencang padahal tadi udah shalat subuh berjamaah.karena yg saya tahu setelah shalat subuh tidak boleh melaksanakan shalat sunat apalagi berjamaah.dan ini menjadi polemik di dalam masyarakat saya karena disatu pihak saya sangat mendukung jamaah tabligh tersebut karena secara saya pribadi bisa menambah ketaqwaan dan ibadah saya secara khusu dan bisa lebih bersemangat menjalakan semua amalan serta ibadah saya.tapi dilain pihak saya mulai melihat kejanggalan dengan adanya 2 kelakuan seperti yg saya ceritan diatas tadi untuk itu saya mohon kejelasan atas kejadian tersebut diatas kepada siapa saja baik temen sahabat ataupun saudara satu jamaah sudilah kiranya untuk memberikan keterengan sehubungan dengan kejadian diatas tersebut untuk info nya saya ucapkan terima kasih.

    • 9

      Abdillah Al Fath said,

      Assalammualikum warrahmatullahi wabarokatuh…
      Alhamdulillah, puji dan syukur tiada henti-hentinya kita haturkan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang dikaruniakan-Nya.
      Saudaraku Solikh, izinkan saya untuk sekedar memberikan pandangan terhadap pertanyaan antum.
      1. Menuntut Ilmu adalah wajib hukumnya. Apa yang terjadi di hadapan Antum mungkin hanya sebuah kasus dan lebih bersifat khilafiyah. Usaha dakwah ini adalah usaha kita semua, tanpa memperdulikan anda dari golongan manapun. Bisa jadi maqom dari orang yg antum sebutkan diatas sedikit berbeda (khilafyah), tetapi bukan berarti jemaah ini hanya mau mendengarkan hanya dari kalngan sendiri saja. Bisa jadi ini hanya salah satu kasus saja. Mudah-mudahan ini tidak membuat perpecahan dalam diri umat muslim.
      2. Untuk Pertanyaan ini, bisa jadi sholat yang dilakukan adalah sholat subuh berjamaah. Karena ada seseorang yang terlambat, kemudian salah seorang yang SUDAH sholat mengimami yg belum sholat. Dan ini pernah terjadi di jaman Rasulullah SAW, Ketika itu ade seseorang yang terlambat sedangkan sholat berjamaah telah dilaksanakan. Maka Rasulullah menawarkan kepada para sahabat ra untuk menemati orang tersebut berjamaah. singkatnya adalah ini adalah sedekah dan ikrom Imam kepada makmu yg terlambat.
      Semoga Allah SWT memberikan kepahaman bagi kita semua.

  7. 10

    Aegis said,

    jika para pembesar dan para ulama dah mulai faham dan ikut serta dakwah meninggikan Islam maka tanda-tanda rahmat Allah akan tercurahkan ke seluruh alam, Insya Allah. Semoga jamaah tabligh hilang namanya tapi Islam makin banyak diamalkan ummat Islam dan wujud dalam kehidupan manusia seluruhnya

  8. 11

    barang siapa yang mencontoh-contohkan perbuatanku maka dia mencintaiku dan barang siapa yang mencintaiku maka dia bersamaku dalam sorga,” kata beliau RASULULLAH saw. jamaah Tablig adalah usaha dan kerja nabi dalam mendakwakan kalimat Lailahaillallah……………………………………………….

  9. 12

    rahman said,

    jangan jadikan oknom tolak ukur jamaah ini, karena dlm jamaah ini org2x berasal dr berbagai status sosial n budaya berbeda, dr paham fikih yg brbeda2. namun jamaah ini paham dunia hanya keperluan n akherat tujuan. dakwah jalan mendapatkan kejayaan n kesuksesan.
    Kalau kita belum membaca n mempelajari semua kitab hadits ataupun kibat2 mazhab 4, maka jgn persangka buruk jika mlht sedikit perbedaan cara ibadah atau mlht hal yg baru.

    ::> rahman
    Shadaqta ya akhi…

  10. 13

    Danang said,

    Saya dulu pengikut jamaah tabligh namun sekarang sudah keluar dan banyak juga teman2 teman saya yang keluar adapun sebabnya :
    – Jamaah tabligh berdakwah tapi jauh dari ilmu sehingga dakwahnya ngawur, Bukankah ini sangat berbahaya???. Lihat kitab Fadilah amal alangkah banyaknya hadits dhoif disitu.
    – Kesalahan jamaah tablig sangat fundamental bahkan banyak yang terjatuh pada kesyirikan.
    -Puluhan tahun ikut jamaah tablig namun tetap saja wudhu dan sholatnya salah.
    -Dan masih banyak lagi

    ::> Danang
    Jamaah Tabligh gak cari pengikut lo Mas. Alhamdulillah berarti Mas Danang sekarang sudah berilmu ya Mas, ikut bersyukur tapi hati-hati ya Mas mudah2an dengan ilmu itu kita tidak menganggap diri kita yang paling baik.
    Soal kitab Fadzilah Amal mohon maaf agak hati2 kalau berkomentar ya Mas ? Mari kita ukur2 ilmu kita soal ilmu hadits ? Beliau ini hampir seumur hidupnya belajar dan mengajar ilmu hadits lho Mas, Lha kita ?
    Kalau masih belum banyak yang bisa shalat dan berwudlu disitulah sebenarnya ladang kita untuk terus beramal ?
    Gimana Mas ?….

    • 14

      ane said,

      baca nie saudaraku
      BUKU FADHILAH AMAL

      Kebanyakan orang mengkritik buku tersebut karena isinya berisi hadits dhoif. Terjadi sedikit kejanggalan bagi para pengkritik dimana pengeritik sendiri mempunyai kaidah bahwa hadits dhoif boleh dijadikan hujjah untuk fadhilah atau untuk memberi semangat muslimin mengamalkan agama. Sementara ketika jemaah tabligh pakai hadits dhoif, banyak orang yang dahulu memakai kaidah itu justru menyalahkan seolah terjadi sentiment kepada mereka.

      Menurut sebagian mereka : di dalam buku fadhilah amal berisi Al Quran dan Hadits dan disebutkan derajat sanad haditsnya. Sedangkan kisah dan tamsil serta hadits yang lain adalah untuk menjelaskan hadits yang ada. Lihatlah hadits utama yang menjadi pokok bahasan diberi nomer di setiap hadits sedangkan FAEDAH atau PENJELASAN sama dengan kitab-kitab hadits atau tafsir yang dibuat oleh ulama salaf seperti IBNU KATSIR atau syarah Riyadhus Shalihin dalam menjelaskan ayat terkadang menggunakan kisah ISRAILIYAT dan HADITS DHOIF.

      Tetapi orang tidak menjadikan kitab Ibnu Katsir dhoif semua, dan tetap dijadikan acuan dalam ilmu tafsir.

      Penulis Fadhilah Amal yang disebut oleh para kritikus sebagai Tablighi Nisob (istilah ini justru tak terkenal di India dan Pakistan, mereka menyebutnya Kitab Fazail) adalah ULAMA bESAR yang HAFIDZ dalam HADITS yaikni RAISUL MUHADDITSUN MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYA AL KANDAHLAWI.

      Dalam sejarah hidup beliau tertulis saat lepas dari sapihan ibunya ia telah menghafal 5 ruku’ Al Quran dan beliau HAFIDZ Al QURAN dalam usia 7 tahun. Amalan paman beliau, ayah, bibi, maupun saudaranya adalah para HAFIDZ AL QURAN dan HADITS. Beliau menulis Kitab Fadhilah Amal sambil keluar di jalan Allah dan setiap kali beliau hendak menuliskan hadits dalam kitabnya beliau selalu sholat 2 rakaat terlebih dahulu, selain itu beliau adalah pewaris dari thoreqat Chistiyyah yang disandarkan kepada Ali Bin Abi Tholib berasal dari gurunya.

      Jadi baik ilmu maupun amal ruhani tak diragukan lagi. Tak mungkin beliau tak mengerti hadits dhoif dan shahih serta maudhu’ atau palsu, sedangkan seliau ada menulis satu kitab syarah bagi kitab sunan Abu Dawud dan Al Muwatho’. Lihatlah keluasan ilmu beliau yang telah mencantumkan 84 kitab yang menjadi acuan bagi buku Fadhilah Amal, maka seharusnya para pengeritik langsung mengecek kepada Maroji’.

      Ilmu tentangMustholah hadits memiliki kaedah yang berbeda tiap ulama dalam menentukan shahih dan dhoif. Sehingga kisah yang masyhur hadits-hadits yang dhoif menurut syarat Bukhari dan beliau ragu memuatnya dalam kitab beliau diambil oleh Imam Hakim dan disusun menjadi kitab yang baru yang dinamakan Al Mustadrak.

      Menurut mereka perdebatan tentang shahih dan dhoif dalam ilmu hadits sebenarnya telah ditutup pintunya karena terbukti ulama-ulama masih meletakkan hadits yang dhoif dalam kitab mereka seperti : Sunan Abu Dawud dan beberapa kitab kutubussitah. Sebab kalau itu berbahaya bagi agama tentu sudah dihapuskan dari kitab mereka karena mereka tak mau beresiko di Yaumul Hisab.

      Imam Nawawi Rah A dalam Al Adzkar telah memuat hadits dhoif sebagai fadhilah. Begitu juga Imam Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qoyyim Rah A huma.

      Catatan : Kebanyakan kritik yang beredar baik buku maupun internet terlihat asal saja dan hanya semata karena hasad belaka. Terbukti ketika mereka menulis halaman yang dikritik seperti dalam Fadhail Dzikr terbitan Kutub Khonat Faidzi dikatakan halaman tertulis masalah WIHDATUL WUJUD, ternyata tak betul karena di halaman tersebut bukan bercerita hal itu melainkan tentang daftar isi…. Capek deh !!

    • 15

      EKO said,

      DAKWAH CARA ROSUL…..

    • 16

      kabar hud-hud said,

      asbab dakwah tabligh calon jendral polisi (kombes, akbp, kompol) banyak yang sudah merasakan manfaatnya sehingga ikut serta dalam usaha perbaikan diri, keluarga dan umat

  11. 17

    ARI SUPRIADI said,

    Yang saya tahu jamaah tablig banyak ulamanya baik jebolan timur tengah maufun dalam, alim ,tahfidz , ahli hadisnya , banyak ratusan pondok pesantren yg tersebar diseluruh indonesia dengan ribuan santri yg melibatkan diri dalam usaga dakwah ini. cuma mereka tidak mau menonjolkan apalagi di ekspos. Mereka berdakwah benar dengan harta , diri, waktu , perasaan tampa mengharapkan imbalan.Usaha dakwah ini seperti Bus yg mengangkut setiap orang yg berada di jalan ( bnyak pelaku maksian menjadi dai Alloh sehingga lahir dari anak2 merka hafidz quran , alim pejuang islam. ina fakta yg harus kita akui. mari sambut dengan terbuka pergerakan dakwah yg sudah menyebar di seluruh dunia. Yg bisa menyatukan umat dari perpecahan bukan hanya perbedaan kulit , bahasa , tapi mahzab tapi mereka bisa diskusi, tidur dan makan bersama .

  12. 18

    iim said,

    Allahuma shali ala Muhammad Ya Rabbi shali alaihi wasalim
    Allahuma shali ala Muhammad Ya Rabbi baalighul wasila,

    Mas Danang..,
    memangnya mas danang sdh merasa yakin bahwa mas danang paling benar..? mmngnya anda yakin klau ibadah yg selama ini diterima oleh Allah swt..? ana sendiri belum tau apakah amal yg ana lakukan selama ini diterima or no.., tapi ana tetap belajar istqamah, jgn memburuk..burukan kabar yg belum tentu benar, Fadhilah Amal itu kandungannya Subhanallah bagus, itu terdiri dari 83 kitab yg telah di susun oleh Maulana Zakariyya ra, dan Alhamdulilah mulai dari orang..baik..2 sampai dengan mantan preman pun bersemangat dlm berdekatan pd Allah swt, dan melanjutkan kerja para nabi, ana rasa antum..jangan..2 belum pernah ikut dlm kenal, belum pernah masuk dalam jama’ah. semoga Allah swt memberikan hidayah buat antum, melembutkan hati antum, Amin Ya Robbal Alamin

  13. 19

    DAI said,

    doa hidayah…………………. yg sdh kenal di istiqomahlan, yg belum kenal Allah beri petunjuk.

  14. 20

    DAI said,

    doa hidayah…………………. yg sdh kenal di istiqomahkan, yg belum kenal semoga Allah beri petunjuk.

  15. 21

    adila bunga mewangi said,

    ayah…………….

    ::> adila bunga mewangi
    Ya Allah jadikanlah anak2 kami anak yang solihah, daiyah, murabiyah, hafidlah dan alimah….

  16. 22

    ane said,

    subhanallah seru ya … orang apabila smakin tinggi ilmu nya maka dia akan smakin merasa tidak tau… nah klo ngaku2 mah biarin aja hehehe ade ade aje udah jelas kitab fadilah amal itu di ambil dari kurang lebih 84 kitab besar udah gitu yg nulisnya syaikhul hadis yg hafal dan paham bgitu buaaaanyak hadist eh dia brani2nya komentarin… istigfar sheikh…

  17. 23

    asm.doakn sj agr orang2 yg yg mmbnci dawah agr ALLAH bri hidayah

  18. 24

    hamba ALLAH said,

    ini usaha mengajak umat untuk ta’at kepada ALLAH SWT, tidak ada niat lain, mudah2 an ALLAH SWT ridhoi selalu orang2 yang berdakwah keluar dijalan ALLAH SWT korbankan dirinya, hartanya dan masanya

  19. 25

    hamba ALLAH said,

    berdebat hanya mengeraskan hati kita, berhentilah berdebat, jangan bahas khilafiyah, satukan hati untuk mengajak manusia ta’at kepada ALLAH SWT, semua manusia buta dan kurang ilmu, yang melek itu hanya RASULULLAH SAW

    • 26

      Maspoedjo said,

      Diskusi YES, berdebat NO
      Masalah yang khilafiyah jangan pernah diperdebatkan perbedaannya, cari persamaannya yang jaga “UKHUWAH ISLAMIYAH” agar senantiasa mendapat “BERKAH ALLAH”
      Wassalam,

      ::> Maspoedjo
      Sangat setuju Mas Pujo

  20. 27

    Newbie said,

    Assalamualaikum Wr.Wb sodara sodara ku ane mau tanya terutama untuk id=ane berkata, apa sih penjelasan dan artinya jamaah tabligh, ane newbie nih ga tau apa apa. tolong di jelaskan donk???? trus ane juga mau tanya nih menurut ente semua anggota jamaah tabligh, menurut antum ahmadiyah gimana??? wahabi gimana?? kristen gimana??? Muhhamadiyah gimana?? Ane bingung nih, banyak banget nama namanya……tolong donk penjelasannya, trus satu lagi menurut antum ngrokok haram gak sih???

  21. 29

    dah jelas2 ga ada perbaikan kpda umat ,slain ambil kerja ini,, ok…!!!

    • 30

      Rudi AF said,

      Assalamu’alaikum Wr Wb…
      Saya pernah ikut Jama’ah ini, sangat luar biasa…tidak bisa dilukiskan dengan kata kata hanya manisnya iman yang saya rasakan saat itu,… tapi sayang… saya gugur dalam “Seleksi” ..saya terjebak dan terdampar dalam muamalah Dunia.. ternyata “seleksi” Allah sangat ketat. tapi saya masih bersyukur karena memiliki harapan dan dambaan untuk bergabung kembali dan lulus menjalani “Seleksi” … dengan segala keikhlasan dan kerendahan hati, saya mohon di do’a kan agar bisa bergabung kembali dengan Jama’ah yang mulia ini, jama’ah tabligh. saya sangat merindukan suasana huruj, sangat merindukan duduk dan mendengarkan nasehat dari Mubayin,.. Ya Allah,…. berilah hamba kesempatan untuk mengikuti dan mengamalkan Sunah Rosululloh SAW..sehingga hamba termasuk golongan orang-orang yang ta’at..ta’at karena hamba mampu melaksanaka apa yang Engkau perintahkan dan mampu menjauhi apa yang Engkau larang. Amin Ya Allah Yaa Robbal ‘alamiin…!

      Wassalam,
      Rudi AF_Cipatat Bandung barat

  22. 31

    id,harul haq said,

    saya merasakan hati saya damai dan tentram setelah saya ikut JT..

  23. 32

    Syukhail said,

    Hai saudara saudaraku yang ber ilmu…. marilah kita sama sama lihat bersama, masih banyak saudara kita yang lain di pelosok2….. yang bila di tanya Agamanya mereka mengatakan kami Islam! tapi sangat menyedihkan mereka tidak bisa mengucapkan Kalimat syahadat,,,, bagai mana dengan Sholat?? tanggung jawab siapa sebenarnya ini? mereka tidak pernah sholat…… tidak usah antum tanya sholat lima waktu sholat jum’at saja mereka bahkat sebagian mereka tidak pernah kerjakan…
    apakah mereka kita relakan didatangi oleh Para misionaris yang kini makin gancar dengan Program mereka Memurtadkan umat Islam sedunia!!!
    mari saudaraku jika Antum merasa Banyak ilmu….. mereka tanggung jawab kita…… selamatkan mereka…
    Semoha Allah bersama Rombongan Kabupaten Buol yang dikirim ke berbagai penjuru Negeri ini selepas Ijtima’ tanggal 30-31 mei 2014 dengan harta dan diri mereka korbankan demi terjaganya Kalimat syahadat di hati Orang muslim… dan tegaknya islam…
    siarkan islam pada mereka dengan jalan dor to dor.. bukan hanya di mimbar….
    masyarakat pelosok tidak mengenal mimbar sauraku…….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: