:: Ijtima Malaysia & Indonesia 2009 : Usaha Da’wah Insyaallah Akan Terus Berkembang

Dari melihat penyelenggaraan ijtima di Malaysia tanggal 9 – 12 Juli 2009 dan di Indonesia tanggal 18 – 20 Juli 2009, maka akan semakin terbersit keyakinan bahwa usaha da’wah ini insyaallah akan terus berkembang di seluruh penjuru dunia. Ini bisa dilihat dari jumlah jamaah yang hadir pada even itu dan jumlah jamaah yang dikeluarkan dalam ijtima tersebut.

ijtima malaysiaIjtima Malaysia, Foto Abdur Rahman Roslan

Di Malaysia, ijtima yang mengambil tempat di Sepang dihadiri tak kurang dari 200 ribu orang. Perdana Menteri Malaysia dan timbalannya juga hadir dalam ijtima tersebut.

Di Indonesia sendiri, jamaah yang datang ijtima dari pulau Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara, Bali dan pulau Jawa sendiri jumlahnya ribuan.

Kapal-kapal penumpang yang berangkat dari pulau-pulau di bagian timur di Indonesia banyak dipenuhi oleh rombongan ini. Begitu juga suasana di stasiun kereta api, di terminal,bandara, pelabuhan dan sebagainya, semuanya dipadati oleh rombongan ini. Beberapa ruas jalan di sekitar medan ijtima terdapat kemacetan yang luar dari  biasanya.

Jumlah jamaah yang hadir dalam ijtima tahun ini menutur data resmi, sebagaimana yang ditulis dalam blognya Pak Yudi adalah sekitar 104.500 orang, tercatat 1254 di antaranya adalah jamaah dari luar negeri.

Jamaah keluar yang terbentuk dari ijtima kali ini adalah sebanyak 2.517 Jamaah ; 35 orang keluar 1 Th, 13 Jamaah ke negara jauh, 54 jamaah ke IPB, 110 jamaah 4 bulan jalan kaki, 499 jamaah 4 bulan biasa,  48 jamaah 40H jalan kaki dan 1428 jamaah 40H. Selain itu tercatat pula 310 jamaah dengan masa kurang dari 40H.

Di Indonesia, usaha ini sudah berkembang cukup merata di seluruh pelosok nusantara. Jumlah mereka yang aktif dalam usaha da’wah ini insyaallah semakin lama akan semakin bertambah. Saat ini, hampir seluruh sudut wilayah republik ini, kehadiran usaha ini semakin terasa. Bahkan sampai ke sudut-sudut pulau terpencil, pelosok-pelosok pedesaan dan pucuk-pucuk gunung pun sudah banyak yang tersentuh oleh usaha ini.

Teman-teman penulis blog ini yang berasal dari sebuah wilayah pedesaan di salah satu kota di Jawa Tengah juga banyak yang sudah merasakan keberkahan usaha ini. Banyak di antara mereka yang sudah menapakkan jejak kakinya di berbagai bandara dunia. Kalau mereka tak pernah mencicipi usaha ini, dunia mereka paling-paling hanya sekitar rumah dan sawah saja, atau sesekali ke kota kabupaten terdekat saja.

Rintangan dan halangan dari pihak luar pun saat ini hampir bisa dikatakan sudah tidak ada lagi. Aparat pemerintah, pejabat, pengusaha, ulama, bahkan penjahat pun juga sudah banyak yang ikut usaha ini.

Tantangan terbesar saat ini justru datang dari pihak internal sendiri, yaitu  bagaimana setiap ahli jamaah bisa terus istiqamah bermujahadah dalam amalan-amalan intiqoli dan maqami, seperti yang telah digariskan oleh para masyaikh.

Dalam suatu kesempatan bayan, Ustadz Lutfi pernah mengatakan bahwa usaha da’wah ini insyaallah akan terus membesar. Tapi membesarnya bisa menuju kepada dua arah, pertama, membesar yang sehat dan kedua, membesar yang tidak sehat.

Membesar yang sehat adalah seperti membesarnya  anak bayi yang sedang tumbuh. Ia akan kelihatan segar, sehat dan menyenangkan banyak orang. Sebaliknya, membesar yang tidak sehat adalah seperti membesarnya satu mayat  yang tenggelam di air. Ia juga akan kelihatan membesar, tetapi besarnya adalah tidak segar dan akan menebarkan bau yang tidak enak.

Pilihan itu kini terletak kepada kita semua, kita mau pilih yang mana ? Wallahu a’lam

25 Responses so far »

  1. 1

    Gunawan Aziz said,

    Assalamu ‘alaikum,
    Semoga Allah terima semua Ijtimak ini sebagai asbab hidayah, dan Allah ampunkan segala kekurangan dan kelemahan yang ada…
    Saya pernah diberikan peluang oleh Allah Khuruj di Solo sekitar tahun 1992… Ketika itu hati saya terdetak, Insya Allah tidak melewati 10 tahun lagi.. usaha di Indonesia akan jadi lebih maju daripada Malaysia…!
    Tuan2 adalah gergasi ummah yang telah bangun… janganlah lupakan kami di Malaysia… maafkan kelemahan kami kerana hingga sekarang belum mampu sempurnakan mansya Hadratji In’amul hasan agar menghantar 300 jemaah ke Indonesia setiap bulan… Mohon doakan kami.. Janganlah lupakan kami…
    Oh Allah.. innama asyku bath-thi wa huznii ilaiki!

    Gunawan Aziz
    Amiin taqabbal duaana ya Allah….

  2. 3

    rahba81 said,

    Ya Allah majukan Indonesia atas usaha agama ini..
    Satukan hati2 kami..
    Rapat hubungan persaudaraan kami..
    Ameen Ya Allah..

    ::> rahba81
    Amiin taqabbal duaana ya Allah….

  3. 5

    azan said,

    o ya, ada info terbaru dari musyawaroh ijtima’ kemaren, Maulana Sa’ad bilang gak ada istilah amalan intiqoli, yg ada hanya khuruj fii salbilillah. Kalo amalan maqomi ada. Jadi, gak ada lagi yg namanya intiqoli. Trus, masyaikh bilang, jangan lagi sebut2 istilah karkun. Tapi sebut saja umat islam yg telah ikut dakwah.

    ::> azan
    Informasi baru alhamdulillah…

  4. 6

    namaku ina said,

    assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh,
    Pak, maaf ingin bertanya.. apakah ada para pekerja dakwah yang tinggal di sekitar daerah Cakung Barat ? tepatnya di daerah permukiman para pemulung.. kalau belum ada, boleh Pak.. datanglah silaturahmi ke daerah tersebut.. karena saya menemukan ada anak yang tak bisa berucap kedua kalimat syahadat tetapi lantang berucap minta jajan..
    semoga usaha dakwah ini makin hadir di setiap tempat bumi berpijak..amiin ya Allah..

    ::> namaku ina
    Itulah tanggung jawab kita semua. Kalau pas ada pertemuan/ijtima kelihatannya banyak, tetapi begitu keluar, masih sangat sedikit…

  5. 7

    namaku ina said,

    assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh

    Lalu..bagaimana pak? apa yg bisa saya lakukan? bapak lakukan? dan semua orang lakukan khususnya sesama muslim?

    terakhir disekitar situ saya melihat ada seorang bapak memakai kopiah, berjanggut cukup lebat dan bercelana ngatung sambil membawa gerobak barang-barang bekas. Ini cukup membuat saya tersenyum dalam hati karena setidaknya pada akhirnya saya melihat ada orang yang menghidupkan sunnah nabi Saw..

    sekali lagi pak.. sebagai sesama muslim.. jika ada yang berkenan dan mau.. datanglah bersilaturahmi ke daerah tersebut..

    • 8

      hawliyaw said,

      allah pilih orang2 yang allah kehendaki di setiap daerah ada yang allah pilih,anda pergi ke masjid kebun jeruk, jln hayam uruk.untuk keluar masturoh di jalan allah

      ::> hawliyaw
      Mudah2an kita termasuk orang yang dipilih oleh Allah…

  6. 9

    hibbul said,

    subhanaullah….

    do’akan saya…untuk bisa menjadikan dakwah sebagai maksud hidup…
    sekarang ini lagi lemah sekali…
    do’akan ya syech..

  7. 10

    dyos said,

    sy hanya berharap smoga indonesia bisa saling menghargai satu sama lainnya..karena org malaysia pd dasarnya org indonesia juga,bahkan dulu sang rajanya dari negeri sumatra barat.makanya namanya negeri nan sembilan sesuai dg nama negeri di sumbar

    ::> dyos
    Setuju 100 %

  8. 11

    abu bakar lanjuti said,

    ya Allah, berilah hidayat pada umat Nabi saw, ampunilah umat Nabi saw, islahkanlah umat Nabi saw dan rahmatilah umat Nabi saw. Amin ya rabbil a’lamin

    ::> abu bakar lanjuti
    Amiin…….

  9. 12

    muhammad Amin said,

    asslm………..ada ngak mp3 bayan ijtima?

    ::> M. Amiin
    Di rumah ada, tapi gak tayang disini, di markaz banyak juga tuh yg jual…

  10. 13

    KAPRAWI IMYUH said,

    mbak inah kita jangan menyuruh orang tapi kita sendiri yang datangi mereka ajari mereka ajak mereka kemasjid,tugas dakwah bukan tugas jamaah,kiyayi ,dai ataupun para ustaz saja tapi ,semua umat islam boleh berdakwah,yang penting niat baik kita yakin Allah berfirman”Jika kamu menolong agama Allah maka Allah akan menolong kamu.kalau kita mau nunggu jepri ke lokasi itu bayarannnya mahal jutaan,saya pernah mengundang neno warisman ke desa saya biayanya 10.000.000. hasilnya sangatlah sedikit, namun ketika jamaah tabligh datang ke masjid dekat rumah saya, banyak yang cemooh bahkan menghina,namun apa hasilnya alhamdulillah ,sejak jamaah tailand masuk dan yang lainnya kemudian saya buka masjid 24 jam untuk semua umat islam hasilnya solat 5 waktu taklim di masjid terebut jalan jamaah bertambah,bahkan yasinan setiap malam jumat dan ada donatur yang menyiapkan makan nasi bungkus injilah dahsyatnya hasil dakwah,yakinlah mbak ina anda bisa dengan pertolongan Allah. amin semoga pemulung didaerah mbak menamalkan islam dengan benar, amin

  11. 14

    gambaraneh said,

    pakcik keluar 3 hari 40 hari 4 bulan koq dibaca fadhilah amal aja,,, sekali bawa dong kitab2 yang lainnya emang nggak bosan2 baca kitab fadhilah amal, apa memang wajib dari syaikh maulana ilyas harus bawa kitab tersebut….

    ::> gambaraneh
    Kami ini orang bodoh Mas lagi belajar, jadi ya ikut saja arahan orang2 alim yang sudah banyak pengalaman. Mas sendiri ngusulkan kitab apa saja yang harus dibaca ?

  12. 15

    gambaraneh said,

    makanya kalau kita merasa bodoh kan banyak kitab ulama yang harus kita pelajari bukan hanya fadhilah amal aja sampai 4 bulan, kurasa anda terlalu fanatik membaca fadhilah amal.
    dulu saya pernah ikut khuruj begitu ikut khuruj koq fadhilah amal aja yang dibaca,,,
    saya sarankan jadikanlah kita rakus akan ilmu,,,, yang harus diamalkan…
    jgn kita terlalu fanatik sama fadhilah amal,,
    wassalam

    ::> gambaraneh
    Sekarang sudah banyak orang alimnya lho mas yang ikut usaha ini. Kita juga dianjurkan juga untuk mengaji kepada para ulama, tidak hanya masalah fadhail saja tetapi juga masail, dua2nya penting tidak boleh dipisahkan. Perkara masih banyak yang kurang ilmu, itu sebenarnya tidak hanya di usaha ini saja lho mas, di sinilah sebenarnya peluang bagi orang alim untuk mengajar orang yang kurang ilmu dan orang bodoh belajar kepada orang alim…

  13. 16

    gambaraneh said,

    mohon perhatiannya,,,
    jgn sekali2 pakai nama markas, kalau markas itu pasti ada Jendral dan prajuritnya kayak markas brimob aja yahhh ,,, jadi cocoknya pake nama apayahhhhhh,,,,,
    wassalam

    ::> gambaraneh
    Mohon pelajari dulu istilah markaz, itu asli bahasa arab lho mas…

  14. 17

    syekh yusuf said,

    capek deh udah dulu yahhh kalau fanatik payah diajak ngomoong.

    ::>syekh yusuf
    Sabar Mas, jangan capek untuk terus memberi nasehat. Kalau para Nabi capek dan ngeles berdakwah, gimana tuh nasib ummatnya ?
    Kalau mau dilanjut silahkan lewat japri saja aljohan@mail.com, insyaallah tidak capek menunggu !

  15. 18

    gambaraneh said,

    كل يدعى وصلابليلى وليلى لاتقرلهم بذاك
    Semua mengaku-ngaku punya hubungan dengan Laila
    Namun Laila memungkiri pengakuan-pengakuan mereka tersebut

    ::> gambaraneh
    Maaf Mas komentarnya saya hapus. Di sini bukan tempatnya untuk caci maki. Anda mau mengaku sebagai Amru Qais, kekasih Laila, atau bahkan mengaku sebagai Laila sendiri itu urusan Anda sendiri.
    Tapi yang perlu diingat. janganlah mengolok-olok tokoh atau ulama dari gerakan lain, kalau itu terus Anda lakukan, itu berarti Anda mengajak orang lain melakukan hal yang sama terhadap para kibar ulama dan masyaikh Anda. Apakah Anda rela ?

  16. 19

    gambaraneh said,

    Assalamualaikum ya antum muslimun…
    …………………………………………………………………………………………………………………….
    Di sinilah dahaga kurangnya ilmu tercukupi. Kami berdakwah melalui apa yang kami bisa usahakan…..

    ::> gambaraneh
    Waalaikum salam.. (tapi kelanjutan salamnya ada contohnya gak ya ? dan menurut kaidah Bahasa Arab benar gak tuh ?)
    Mantap sekarang dahaga ilmunya sudah terpenuhi ya… Selamat deh atas kerakusan ilmunya !
    Tapi ketika saya kunjungi blog Anda di http://gambaraneh.wordpress.com/ terus terang saya kaget. Saya hanya bertanya-tanya “Apakah ini yang selama ini disebut sebagai ilmu yang Anda rakusi dan Anda agung-agungkan itu !”.
    Ngomong-omong sudah dimintakan nasehat belum kepada para ulama soal konten blog Anda itu ?
    Kalau belum cepat-cepat deh dimintakan, dijamin Anda akan segera kena tahdzir ! hehe….

    Alhamdulillah, tulisan dan gambar yang tidak senonoh telah dihapus. Ancaman tahdzir dicabut Mas. Selamat ya Mas, ternyata Mas tidak fanatik, hebat Mas…..

  17. 20

    turi1976 said,

    memang untuk kamu website ini aja untuk balasannya,,,
    selamat jossshhhh

    ::> turi1976
    Terima kasih ya Mas, tapi saya usul kalau memberi sesuatu kepada orang lain itu ya berikan yang terbaik. Tapi kalau menurut Mas itu yang terbaik, ya apa boleh buat.
    Kejernihan air dalam kolam itu tergantung kejernihan saluran yang mengalir ke dalam kolam tersebut. Begitu juga dengan kejernihan hati kita, tergantung saluran yang memasok hati kita yaitu ; mata, mulut, telinga dan otak kita. Jadi…… (saya tak sanggup melanjutkan)

  18. 21

    syekh yusuf said,

    dddaaaaaaaa aldjohan

    ::> syekh yusuf/Turi 1976/gambaraneh
    Daa…, makasih ya Mas mau berkunjung ke blog ini dan mau diskusi. Tapi saya usul Mas kalau diskusi yang santai saja, gak usah kenceng-kencengan, wong kita ini orang bodoh dan tak berilmu kok…gak usah menganggap diri kita paling pinter dan paling bener…

  19. 22

    denzmore said,

    iztima sedunia saya harap bisa di adakan di task malaya…

  20. 24

    satu jamaah lbh kurang 10 orang x 2.517 jamaah = 25.170 orang keluar se x ijtima’….subhanallah.

  21. 25

    MashaAllah………..

    Urgent plz :::

    anybody here from Malaysia ? I really seek some Malaysian Tabligi Brothers for an urgent reason.
    Its my mail address: muhammadahbab92@gmail.com
    Please contact with me as soon as possible. ZajakaAllah.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: