:: Catatan Kecil ; Ijtima Indonesia 2009

Seperti yang dilakukan di Ijtima Tongi bulan Januari  lalu. Ijtima Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Juli 2009 ini juga ditutup dengan bayan hidayah dari Maulana Muhammad Saad  Kandahlawy dan kemudian dilanjutkan dengan doa penutup, akhire munajat, dari Maulana Zubairul Hasan.

ijti1

Bayan hidayah, adalah sebuah nasehat/bayan yang terutama ditujukan kepada para dai yang hendak diberangkatkan ke seluruh penjuru alam. Materinya berkisar pada apa yang harus dipersiapkan sebelum berangkat, dalam perjalanan, ketika sampai ke tempat tujuan, bagaimana detil kerja selama berada di tempat itu dan lain sebagainya. Bahwa tujuan dari semua pergerakan ini adalah untuk memperbaiki diri masing-masing ahli jamaah serta untuk mengajak orang lain untuk sama-sama memperbaiki dirinya.

Maulana Saad menyampaikan ‘guidens‘ ini begitu detil dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Maulana Zubairul Hasan kemudian juga menekankan kembali beberapa hal penting yang harus dilakukan para dai selama mereka keluar di jalan Allah SWT.

Setelah itu, dengan khusyu’ beliau membacakan sebuah doa mohon hidayah yang cukup panjang. Hadirin mengamininya dengan penuh tawadlu. Tangisan para peserta tumpah ketika doa ini dipanjatkan. Bersamaan dengan doa itu, matahari yang sebelumnya bersinar cukup panas, tiba-tiba meredup dan menimbulkan suasana teduh.

Sehabis itu para dai melakukan musafahah, lalu masing-masing rombongan menyiapkan diri untuk berangkat sesuai dengan rute dan nama-nama peserta yang telah ditetapkan.

ijti3

Ada perasaan syukur dan sedih setiap kali mengikuti ijtima’ semacam ini. Bersyukur, karena Allah SWT masih memberi kesempatan kepada diri yang lemah ini untuk bisa berkumpul dengan para dai yang sedang belajar menegakkan kalimatullah. Bersyukur juga bisa mendengarkan nasehat-nasehat dari para masyaikh tentang bagaimana seharusnya hidup kita kita arahkan. Bersyukur juga bisa bersuhbah dengan mereka-mereka yang telah menghabiskan diri, harta dan waktu mereka untuk agama.

Sedih karena diri ini belum bisa seperti mereka, mengorbankan diri, harta dan waktu untuk agama. Tarikan  & panggilan duniawi masih saja menahan diri ini untuk lebih banyak meluangkan waktunya di jalan Allah SWT.

Ya Allah, ampunilah diri ini, ampunilah kelemahan-kelemahan hamba yang dlaif ini. Kalau tidak kali ini, berikan kami kesempatan di lain waktu untuk bisa ikut mencicipi peluang keluar di jalan-Mu.

Tak banyak yang bisa kami catat dari ijtima ini, malu rasanya mau berpanjang-panjang kata, sementara diri ini belum bisa melakukan apa-apa.

Yang jelas ijtima tahun ini dihadiri lebih banyak dari tahun lalu, ada yang memperkirakan jumlah jamaah yang hadir lebih dari 300.000 orang. Tahun ini ijtima Indonesia hanya dipusatkan di tempat ini saja, tidak seperti tahun lalu yang disebar di 5 tempat.

Para peserta juga datang juga merata dari seluruh wilayah Indonesia. Ribuan tamu dari luar negeri juga hadir menyukseskan ijtima Indonesia 2009 ini. Jumlah mereka yang keluar juga lebih banyak dari tahun lalu. Keluar 1 tahun bagi para ustadz dan 4 bulan bagi orang biasa sekarang sudah menjadi barang yang biasa.

Masyaikh-masyaikh juga hadir untuk menyukseskan ijtima ini diantaranya adalah Haji Abdul Wahab atau yang lebih populer dengan panggilan Bhai Wahab dari Pakistan, Maulana Ahmad Lat, Prof. Abdurrahman, Maulana Saad dan Maulana Zubair dari India dan lain-lainnya.

Ya Allah berkahilah pertemuan ini, terimalah semua doa dan harapan yang dipanjatkan dalam ijtima ini. Amiin

45 Responses so far »

  1. 1

    umar danto said,

    masya allah ini adalah kuasa allah yang mengumpulkan dainya dalm satu tempat….

    ::> umar danto
    Mudah2an Allah SWT tidak melemparkan kita dari usaha ini…

  2. 3

    ina said,

    assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh
    Alhamdulillah.. akhirnya dapat juga karguzari dari ijtima’ kemarin di BSD.. jazakallah khairan katsira..
    semoga Allah beri hidayah untuk kita semua… amiin ya Allah..

    ::> ina
    Amiin taqabbal duaana ya Allah

  3. 4

    Abdullah said,

    Saya terharu bisa melihat dari dekat sosok bhai Wahhab. Beliau termasuk orang yang mengangkat tangannya kepada Maulana Ilyas untuk keluar seumur hidup padahal beliau orang biasa (insinyur), umurnya 97 tahun.

    ::> Abdullah
    Mudah2an kita bisa mengambil pelajaran dari perjalanan hidup beliau…

  4. 5

    mutiara said,

    alhamdulillah

    ::> mutiara
    Alhamdulillah….

  5. 6

    nurim said,

    Sedih luarbiasa ga bisa datang. saya mengakui terlalu banyak dosa saya shg saya tidak dipilih Allah hadir di medan ijtimak. Ada yang bisa memberi tahu ijtimak indonesia berikutnya kapan dan dimana? apa seterusnya di serpong. jazakallah.

    ::> nurim
    Mudah2an masih ada, semua kan harus dimusyawarahkan dulu. Mudah2an Allah SWT tidak melemparkan kita dari usaha ini…

  6. 7

    anang said,

    semoga asbab mereka hidayah tersebar seluruh alam. terlebih keluarga yang di tinggalkan allah beri kemampuan tuk amalkan agama secara sempurna

    ::> anang
    Amiin…….

  7. 8

    Abu Najla said,

    Ye Rabb… Kabul Farma, ampuni kami yang masih lemah ini, mudahkan kami untuk istiqomah menjadi da’iMu, cukupkan segala keperluan orang yang lagi keluar dijalanMu dan cukupkan keperluan kelurga yang mereka tinggalkan, mudahkanlah kami yang belum bisa keluar untuk mampu nushroh dengan baik apabila kedatangan rombongan da’i dikampung kami, amin…. mudahkan kami yang belum ambil takaza ini untuk mampu ambil takaza dilain waktu secepatnya… amin…
    Mohon do’nya saya niat 4 bulan IPB tahun depan… amin…

    ::> Abu Najla
    Amiin taqabbal duaana ya Allah…

  8. 9

    pujiono said,

    Alhamdulillah seorang ustad yg dulunya menentang kemarin ikut hadir ijtima dan niat keluar di jalan Allah . malah menangis ketika mendengarkan bayan Bhai Wahab

    ::> pujiono
    Allahu akbar…

  9. 11

    m yusuf al batammi said,

    insyaallah istima indonesia ini adalah bangkitnya islam diseluruh alam

    m yusuf al batammi
    Insyaallah…….

  10. 12

    naseer - france said,

    assalamualaikum ww
    gembira mengikuti karkuzari ijtima.
    ingin mengetahui jumlah jamaah yang keluar sebelum, semasa dan selepas ijtima ?
    jazakallah khair

    ::> naseer – france
    Wassa;lamu alaikum ww. Siapa yang punya informasi nih ?

    • 13

      Jamaah yg terbentuk dari ijtima BSD 2500an jamaah 40 hr & 4 bln. Untuk Negeri jauh mau berangkat ke Afsel, Madagascar, Saudi Arabia, Timteng, Jepang, Korea, Eropa. masing2 1 jamaah….. mohon do’a antum semua

      ::> dzaky_maulidan
      Mari kita niatkan diri kita masing2 untuk terus tingkatkan pengorbanan…

  11. 14

    MasyaAllah……….. Ijtima’ di asia tenggara thn 2009 telah selesai. Target thn ini belum terpenuhi. maka kita semua harus banyak menangis2 lagi………………….
    Ijtima’ Bsd 09 hanya 2500an jamaah yg terbentuk.wss

    ::> dzaky_maulidan
    Ya Allah ampunilah kelemahan2 kami….

  12. 15

    abdul aziz s said,

    sungguh bahagia orang 2 yang ALLOH pilih tuk meneruskan usaha Nabi pada pertemuan trsbut sedangkan aku sanggat berharap sekali Alloh mengirimku tapi dosa 2ku yang terlalu banyak aku tertinggal Mudah2an ALLOH IKUTKAN DIRIKU DLM GOLONGAN PARA DAI

    ::> abdul aziz s
    Amiin……..

  13. 17

    nur fatchuri said,

    khuruj 40hr di lampung,insyaAllah

    ::> nur fatchuri
    Amiin………

  14. 18

    husni amran said,

    Wahai orang-orang yg beriman maukah kamu AKU tunjukan suatu perniagaan yg dpt menyelamatkan kamu dari azab yg pedih, yaitu kamu ta’at kpd Allah dan ta’at kpd RosulNya dan kamu berjuang di jalan Allah dgn harta dan jiwamu sesungguhnya itulah yg lebih baik jika kamu mengetahui .Niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukan kamu kedlm surga yg mengalir di bawahnya sungai-sungai dan ketempat tinggal yg lebih baik di dlm surga ‘Adn itulah kemenangan yg agung… (QS.Ash-Shaff 10-12) Salam buat semua KARKUN di seluruh alam smoga kita di Istiqomahkan dlm usaha Nubuah ini dan Allah SWT matikan kita dlm Da’wah …amin ya robbal ‘alamin………… Abu Alif (Husni Amran) Kaltim/Bppn.

    ::> husni amran
    Amiin taqabbal duaana ya Allah…

  15. 19

    AbduRRaheem said,

    InsyaaLLah niat 4 bln jalan kaki sebelum Ramadhan 1430H… ke Jawa Timur atau NTB… atau kemana saja Allah Swt. hantarkan… tafakud antara 1,5 s/d 2 jt … mo ikutan…?

    ::> AbduRRaheem
    Mohon doanya Pak Liliek eh, Pak Abdurrahim…

  16. 20

    osamah said,

    semoga asbab mereka allah bangkitkan orang2 tuk amalkan agama secara sempurna. amin. mohon do’anya, ana niat keluar 40 hari bangkitlah bali (khususnya) dan dunia (umumnya)

    ::> osamah
    Insyaallah Amiin…..

  17. 21

    abdul ghani said,

    Semoga Menjadi Asbab Hidayah seluruh alam…, ya Allah pilih kami dalam buat kerja agama yang mulia ini amiin….

    ::> abdul ghani
    Amiin taqabbal duaana ya Allah

  18. 22

    abu aiman said,

    Ikhwah fiLLAH,
    Ana libur/dapat cuti dari sabtu 18/7/09 to 26/7/09 tapi keluar 40 hari ba’da ijtima’ dan saat ini bergerak di cianjur. pulang pergi cianjur jakarta dan bogor jakarta setelah cuti selesai (kecuali sabtu dan ahad). ada kesan ketika di kantor tapi kita masih dalam masa “khuruj fi sabilillah”. kita ajak orang orang kantor tuk dirikan shalat dan rasa syahdu lebih terasa di kantor. mungkin memang harus seperti itu latihannya, agar kita bisa terus fi sabilillah, baik di kantor atau di mana saja. da’wah fi sabilillah fi kulli makan wa kulli zaman ila yaumil qiyamah. Hidayah ya Allah… Hidayah ya Allah…. Laa haula wa laa quwwata illa billah….Allahu akbar !!!

    ::> abu aiman
    Insyaallah, mudah-mudahan kami bisa banyak belajar kepada antum

  19. 24

    ummu sarah said,

    Alhamdulillah, semoga Allah selalu memberkahi semua da’i penolong agama Allah. mohon doa agar abi diberi kemudahan untuk khuruj tahun ini.

    ::> aminummu sarah
    Alhamdulillah, dukungan dari para masturah insyaallah akan semakin menguatkan usaha ini…

  20. 25

    Alhamdulillah, ana niat negeri jauh bulan oktober ni, do’ain ana bisa lebih mengorbankan harta, diri, waktu keluar di jalan Allah, syukron

    ::> Muhammad Dzulqarnain
    Amiin, taqabbal duaana ya Allah…

  21. 26

    Muhammad Dhani said,

    bermujahada untuk hadir,bermujahada saat di medan ijtima,bermujahada untuk cari 1&2,untuk wudlu lebih lebih lagi waktu Allah turunkan hujannya weeeeh pokokonya yang ga hadir ga bakalan ngersain gi mana suka dukanya hadir di ijtima serpong,cuman sayang ga kepilih untuk keluar saat ijtima…

    ::> Muhammad Dhani
    Mudah2an di lain waktu Allah SWT masih memberi kesempatan kepada kita….

  22. 27

    musa said,

    alhamdulillah allah telah jayakan ijtimak ditempat tuan, sekiranya ada maklumat , iaitu jumlah jemaah !th, 4B, 2B, 40H yang keluar jalan allah sebelum dan selepas ijtimak, boleh lah tuan beritahu kami jazakallah.

    ::> musa
    Siapa bisa bantu..?

  23. 28

    adi said,

    semoga ada keberkahan di negeri kita…..apa lagi kita bisa ikut ambil bagian , keluar 4bl or 40 hari….saudara2ku jangan cuma baca,….ikut kelua donk……minimal 3hari ok…..

    ::> adi
    Insyaallah….

  24. 29

    wong solo said,

    semoga Allah memberkahi kita semua. Dan kita perjuangkan agama Allah dengan cara Rasulullah

    Allahuakbar!!!

  25. 30

    arief b said,

    mari kita doa yaa Alloh yaa karim yaa khoirunnaasirin Allohumma sholli’ala muhammad wa ‘ali ala muhammad ya Alloh ampunilah dosa kami dosa kaum muslimin muslimat mukminin mukminat diseluruh alam yang menolong agamaMu walo dengan setetes keringat …walo dengan satu rupiah harta … walo dengan…sedetik masa …walo dengan sebersit niat…ya Alloh berikan pertolongan pada kami untuk istiqomah dalam usaha dawah sampai akhir hayat amin…

    ::> arief b
    Amiin taqabbal duaana ya Allah..

  26. 31

    umar said,

    alloh uji sifat istikhlas kita hari ini, sejauh mana kita yakini usaha kenabian ini… dan kita harus niatkan u/ kita dan keturunan kita tetap dalm usaha ini…amin

    ::> umar
    Amiin…………

  27. 32

    Alhamdu’lillah Alloh,SWT telah pilih kita dalam usaha yang mulia ini,dan kita niatkan untuk melanjutkan usaha nubuwwah ini sampai akhir hayat,dan dilanjutkan oleh anak cucu kita.Inilah sebaik-baik warisan ntuk anak cucu kita,Insyalloh kita niat istiqomah dalam da’wah dan tingkatkan pengorbanan.Ijtima ini baru ijtima kecil,ijtima yang besar nanti di padang mashyar.Tafsir ayat Maalikiyau middin adalah smua manusia diminta oleh Alloh tanggung jawab agama,sudah sejauh mana kita kerjakan?sudah sejauh mana kita sampaikan?

    ::> M Shiddiq At-Tanjungi
    Shadaqta ya akhii…, mari siapkan diri kita masing-masing…

  28. 33

    InsyaAllah siapkan diri kita untuk ijtima’ yang akan datang…
    Ijtima’ 2010 akan diadakan pada tanggal 1 Oktober 2010.

    Tapi sebelumnya akan diadakan jord kudama’ [khusus yang pernah 40 hari dan 4 bulan] dengan pembagian 5 kawasan. Untuk Sumatra, diadakan di Pekan Baru [klo tak salah tanggal 2 Januari 2010. Untuk pulau Jawa akan diadakan di Temboro pada tanggal 14 Januari. Untuk kawasan lain, saya blum dapat infonya pastinya.

  29. 34

    arfan.asiz said,

    masya allah pertemuan d serpon begitu…….ALLAHU AKBAR
    dari penjuru dunia dtng se indonesia pun datang
    kami yg tak saling mengenal datang d tempat itu
    dan di tempat itulah kami bertemu saudara2 kami yang jauh
    krn kerja agama ini kami bs berkumpul d suatu t4 hanya membicarakan IMAN & AMAL SHOLEH
    dan gmn kami semua risau dgn ummat saat ini yg meninggal kan sholat berjemaa
    dan di st lah kami berangkat dr suatu t4 ke t4 lain
    hanya u/ risalah diri dan silaturahmi dgn saudara2 kami di daerah lain
    alhmllah sy hadir d bt4 tersebut dan sy berangkat dari makassar ada 15000 ribu orang
    dgn menaiki 3 kapal pelni….
    ALLAH berangkatkan lah kami thn depan…..AMIN………….
    jazakallah hairan kasira

    ::> arfan.asiz
    Alhamdulillah, mari kita tingkatkan pengorbanan kita…

  30. 35

    salafytobat said,

    salam
    Diharapkan Khuruj fi sabilillah atau sekurang2nya hadir di :
    jorkudama sumutra ada dua :
    1. Di Lampung (Utk daerah Palembang, bengkulu, jambi, Babel, lampung)
    Tempat : Markas, Ponpes Al kiram, kebon Bibit, Bdr Lampung
    Tgl : 31 Desember 2009 -1 Jan 2010
    Dari Jakarta ke merak >> ke bakau heni (via Fery )>> Bus jurusan Terminal Raja Basa (turun di bundaran Radin Intan) >> ambil jalan masuk ke Badan pertanian (ke markaz alkiram Jalan kaki 2 km/ naik ojek)
    2. Medan (utk daerah aceh, medan, padang, batam, riau)
    Tgl : 2 jan 1010 (klo tidak salah)
    InsyaAllah banyak dari malaysia dan thailand datang ke Medan
    semoga jadi asbab hidayah seluruh alam

    ::> salafytobat
    Insyallah, mari kita sama2 sukseskan ijtima ini…

  31. 36

    acyl kota said,

    ikuuuut,insyaAllah…., amin..

    ::> acyl kota
    Amiin…

  32. 37

    Syamsul said,

    Subhanallah…

  33. 38

    Abu Syauqi said,

    Tolong doakan Syaikh..ana bisa khuruj 4 bulan jalan kaki..Tolong informasinya pada semua yang tau jadwal jord kudama 5 kawasan..Jazakallah syaikh.

    ::> Abu Syauqi
    Insyaallah kita saling mendoakan….

  34. 39

    addin nurhadi said,

    alhamdulilah

  35. 40

    muhammad mulyadi said,

    allah hu akbar………….hidaya ya allah hidaya ya allah…..gunakan diri kami ya allah sebagai bahan dasar usaha ini..

    ::> muhammad mulyadi
    Amiin taqabbal duaana ya Allah…

  36. 41

    YUSUF AHMADI said,

    Asswrwb. Tuan-tuan yang dimuliakan Allah Swt. Mohon doanya semoga Allah swt. kembalikan jasbah saya sperti dulu,paspor sudah ada, niat keseluruh alam, tapi kurang maqomi kurang nangis kurang doa banyak dosa hingga saya ketinggalan jauh dari tuan-tuan……..Hidayah yaa allah buat kami teman-teman kami kampung kami dan kampung seluruh alam Allahuakbar!

  37. 42

    dinul ahmad said,

    ya..allah kelemahan tlh menbuat aku jauh dr jalanmu pilihlah aku unt keluar dijln mu dan pahamkan lah aku ,bahwa kerja ini adalah kerja mulia yg diberikan pd orang pilihan.

  38. 43

    Karkun Twu sabah said,

    ALLAH….

  39. 44

    Karkun Twu sabah said,

    ya ALLAH pilihlah hamba mu Ijtima di lahad datu bln 5 ni AMIN….

  40. 45

    abdul ghozin said,

    alhamdulillah bisa hadir di ijtimak cikampek jkrta kapan yng akan datang 2012 tgl berapa


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: