:: Olimpiade 2012 & Masjid Markaz London

Olimpiade 2008 baru saja ditutup, pesta olahraga terbesar di dunia selanjutnya direncanakan digelar di London pada tahun 2012.

Ada kabar gembira lain yang ada kaitannya dengan Olimpiade 2012 ini, bukan kabar dari dunia olah raga, tetapi kabar tentang akan berdirinya sebuah Masjid Ilyas di Abbey Mills di atas tanah seluas 7,3 ha di dekat komplek stadion Olimpiade di kawasan Stratford, West Ham, London Timur. Masjid tersebut lebih populer dengan nama “Markaz London”.

Masjid ini direncanakan mampu menampung 12 ribu orang, bahkan untuk even-even tertentu, misalnya ijtima’ Eropa, masjid ini mampu menampung hingga 70 ribu orang jamaah.

Selain masjid, komplek ini juga akan dilengkapi dengan aula yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, perpustakaan, taman dan sekolah yang mampu menampung 500 siswa.

Insyaallah masjid ini akan menjadi masjid terbesar di Inggris, bahkan di Eropa. Masjid ini juga disiapkan untuk menjadi markaz tabligh Eropa, menjadi semacam “hub” untuk jamaah-jamaah yang datang dan transit ke Inggris atau wilayah Eropa lainnya.

Di masjid lama yang sudah ada di tempat tersebut, jumlah jamaah yang hadir pada setiap malam markaz yang diadakan di setiap malam Jum’at sekitar 3.500 orang (banyak mana ya dengan Masjid Kebun Jeruk ?).

Di London sendiri, proporsi jumlah penduduk muslim juga cukup besar. Di kota ini terdapat sekitar 625 ribu jiwa muslim dari sekitar 7,5 juta jiwa, ini berarti setiap 1 dari 12 penduduk London adalah muslim. Statistik lain bahkan menyebutkan bahwa jumlah penduduk muslim di London mencapai 1,3 juta jiwa atau 17 % dari jumlah penduduk London. Di kawasan-kawasan tertentu bahkan jumlah penduduk muslimnya ada yang mencapai 90 %. Jumlah tersebut diyakini akan semakin bertambah di masa-masa yang akan datang.

Insyaallah, salah satu pendorong meningkatnya jumlah pemeluk Islam ini adalah asbab usaha dakwah yang dijalankan secara terus menerus dan tak kenal lelah, siang malam, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan dan 365 dalam setahun.

Dengan asbab usaha ini, jumlah mereka yang beralih keyakinan ke Islam juga terus bertambah dari hari ke hari, banyak di antaranya yang berasal dari kalangan bangsawan dan profesional. Di samping itu, angka kelahiran di kalangan penduduk muslim rata-rata juga lebih tinggi dibanding angka kelahiran di kalangan komunitas lainnya.

Saat ini, London merupakan kota yang mempunyai masjid paling banyak dibanding kota-kota lain di Eropa. Dengan keadaan seperti ini orang sering menyebut London dengan “Londonistan”, untuk menggambarkan betapa London dari hari ke hari semakin bersuasana dan bercitarasa “Islam”.

Dalam sejarahnya, masjid pertama kali didirikan di Inggris sekitar 80 tahun yang lalu. Perkembangan jumlah masjid dari tahun ke tahun cukup luar biasa, saat ini jumlah masjid di seluruh Inggris mencapai lebih dari 1000 buah, banyak diantaranya bekas gereja Anglikan yang sudah lama tidak dipakai lagi sebagai tempat ibadah.

Mudah-mudahan, suatu saat Allah SWT menghantarkan kita ke Markaz London ini, juga ke markaz-markaz yang lainnya, untuk ikut serta memikirkan bagaimana agama ini bisa semakin tersebar di seluruh alam. Insyaallah

44 Responses so far »

  1. 1

    nun1k04a said,

    artikel anda:

    http://berita-dunia.infogue.com/
    http://berita-dunia.infogue.com/olimpiade_2012_masjid_markaz_london

    promosikan artikel anda di infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler,telah tersedia widget shareGue dan nikmati fitur info cinema. Salam!

  2. 2

    Muhammad Amin said,

    Semoga asbab hidupny amal agama.tersebar sluruh alam.mdh2an kt di istiqomah kn dlm usaha Da’wah.jalan trus wahai saudara mdh2an Alloh meridhoi kt dlm kerja agama.(Amiiin….

  3. 3

    anshori said,

    Assalamualaikum
    Saya tertarik sekali membaca tulisan ini.
    Tolong informasikan juga markaz tabligh dunia, misalnya di Amerika, Brazil, bahkan di Vatikan dan Israel. Karena ana dapat kabar ada juga markaz di sana.
    Semoga kita makin banyak korban harta dan diri di jalan Allah SWT.
    Dan, semoga kita dipilih Allah menyebarkan agama ke seluruh alam. Amin.
    Salam,

    ::> anshori
    Waalaikum salam, silahkan kunjungi “Markaza Tabligh Indonesia”, di sana ada tulisan “markaz tabligh” yang berwarna hijau muda, silahkan klik akan ngelink ke markaz tabligh di negara seluruh dunia. Mudah2an bermanfaat

  4. 4

    ummi khadijah said,

    Alhamdulillah, semoga rahman dan rahmat Allah dilimpahkan kepada seluruh saudara kita yang sedang “gerak”, diberikan kekuatan lahir dan bathin, dilindungi istri dan anak yang sedang ditinggalkan.
    Saya bangga atas berdirinya Markaz London, biarlah ALLAH saja yang membuat besar AGAMAnya.
    Para karkun tidak boleh berbangga diri, tetap pada prinsip 6 sifat.
    Tetap pada prinsip-prinsip yang telah dibuat oleh pendiri sebelumnya.
    Semoga Allah memberikan pahala Surga buat Syech Maulana Ilyas dan para Masaikh,para Syuro,para Karkun dan seluruh keluarga karkun.
    Jadikan anak-anak kita sebagai penerus USAHA DAKWAH, sekolahkan anak-anak kita di pesantren DAKWAH.
    Kita sebagai Ummi, harus mendukung perjuangan para suami kita dengan menjadikan anak-anak titipan Illahi sebagai Mujahid Dakwah Seluruh Alam
    Note : sementara ini saya telah menitipkan putra saya menuntut ilmu di Ponpes dakwah di Sine,Ngawi. (bukan iklan)

    ::> ummi khadijah
    Ya mudah2an bisa mengikuti…

  5. 5

    nanta sanggau kalbar said,

    terus berjuang untuk agamanya Allah SWT. semoga Allah melimpahkan hidayah untuk seluruh alam. Amin

    ::> nanta sanggau kalbar
    Amiin , taqabbal duaana ya Allah…

  6. 6

    fatimah said,

    mudah2n perjuangan ini menjadi asbab hidayah bagi seluruh dunia. untuk para masturah, berilah motifasi bagi rijalnya dalam dakwah ini.. dorong terus u khuruj fisabilillah.. klw bisa ikut juga la..🙂

  7. 7

    Hamid said,

    Alhamdulillah,tabligh jalan terus walau banyak yg mencaci smoga mrk sgera mndpt hidayah! Mohon doanya agr ana bs kluar masturat krn ahliyah ana awam agama.

    ::> Hamid
    Kita semua awam, hanya Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Insyaallah kita tingkatkan mujahadah kita

  8. 9

    herman istigna said,

    mudah2an pengorbanan saudara2 di inggris khususnya jd asbab hidayah ke seluruh alam, dan tlg doakan jg ni agar karkun2 medan bisa istiqomah terutama di halaqoh padang bulan medan dan khususnya muhalla istigna.

    ::> herman istigna
    Sama2 insyaalllah kita saling mendoakan

  9. 10

    Hatta / Muhammad Ilyas Mdn said,

    Sesungguhnya Allah SWT tidak berhajat pada Mesjid, tetapi tempat yang paling mulia di dunia adalah Mesjid. Yaa….. gitu ajalah….Mari Makmurkan Mesjid2 di seluruh alam….

    ::> Hatta / Muhammad Ilyas Mdn
    Insyallah, kita siap dikeluarkan kemana dan kapan saja

  10. 11

    herman istigna said,

    semoga Allah Jdkan pengorbanan kt semua asbab hidayah ke seluruh alam amin…. doa kan jg agar karkun2 medan bs istiqomah dan markaz medan capai target utk tahun ini, dan khususnya halaqoh padang bulan mohon doanya terutama muhalla istigna.

    ::> herman istigna
    Insyaallah kita tingkatkan mujahadah dan pengorbanan kita

  11. 12

    muhammad isa said,

    INSYA ALLAH kejayaan islam akan segera terwujud n setiap insan takkan bisa lari dari hidayan. smoga asbab usaha yg mulia ini seluruh manusia akan mendapatkan hidayah n umat islam akan kembali berjaya seperti yang telah di beritakan oleh kekasih kita RASULLULLAH SAW.

    ::> muhammad isa
    Insyaallah, mudah2an kita termasuk penampung kereta terakhir di akhir jaman ini, jangan sampai ketinggalan. Kita tingkatkan pengorbanan dan mujahadah kita

  12. 13

    sonnybastoni said,

    Islam hanya bisa bersatu dengan usaha dakwah ini selama menggunakan organisasi ,partai atau apapun firqohnya islam tidak pernah akan bersatu dalam dakwah seperi ini maka kita akan tanggal kan masalah chilafiyah masalah golongan ataupun sekat2 yang membuat kita terpecah,fikir kita menjadi fikir yang satu ,bagaimana agama yang sempurna ini ada dalam diri kita dan umat seluruh alam

    ::> sonnybastoni
    Mudah2an Allah SWT berikan kepahaman kepada kita semua..

  13. 14

    sonnybastoni said,

    kepada saudara2 diseantero dunia jangan lupa ijtima indonesia bulan juli 2009 di gading derpong tangerang( insya ALLAH ) yang akan dihadiri oleh semua penanggung jawab dan para ulama dari seluruh dunia kabarkan ijtima ini kesetiap oarang islam dimanapun berada

    ::> sonnybastoni
    Mari kita siapkan diri kita untuk ikut menyukseskan ijtima ini

  14. 15

    KHALID said,

    jadikan dakwah maksud hidup kita,
    dan sebarkan hidyah ini ke seluruh alam

    ::> KHALID
    Insyaallah…

  15. 16

    wawan maulana said,

    isyaALLAH dengan bergeraknya umat di seluruh alam saya yakin usaha zampai (YAKUZA) menebar asbab hidayah ini hingga kita bisa diterima dengan rahmatNYA, mari berjuang terus sahabat samapi kita mati dalam usaha agama. amin..amin.amin……. yaaaaaaaaaaa rabb!

    ::> wawan maulana
    Insyaallah kita tingkatkan pengorbanan kita….

  16. 17

    […] Mudah-mudahan, suatu saat Allah SWT menghantarkan kita ke Markaz London ini, juga ke markaz-markaz yang lainnya, untuk ikut serta memikirkan bagaimana agama ini bisa semakin tersebar di seluruh alam. Insyaallah aldjo.wordpress.com […]

    Insyaallah sama2……….

  17. 18

    Haitan Rachman said,

    Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Semakin kami mendapatkan informasi perihal masjid ini, kami jagi ingat dengan mudzakarah kecil dengan teman malaysia ketika teman ini menceritakan kisah dialog antara Hadraji Maulana Inamul Hasan Rah (ketika masih hidup) dengan ahli da’wah dari Inggris.

    Ketika ahli da’wah Inggris berkeinginan membangun masjid markaz nizamuddin menjadi masjid yang bagus dan besar, karena memang masjid ini tetap sederhana sampai sekarang. Dan Maulana Inamul Hasan Rah tidak memberikan jawaban, sampai akhirnya ketika yang ketiga kalinya maka diberikan jawaban.

    Tetapi beliau menjelaskan perihal kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir perihal perahu yang dirusak Nabi Khidir. Setelah penjelasan itu akhirnya ahli da’wah dari Inggris memahaminya, dan beliau akhirnya mendorong untuk membangun masjid yang megah di negeri Inggris untuk pusat da’wah.

    Cerita ini diceritakan ketika saya bertemu dengan teman malaysia tahun 2000, sedangkan dialog itu beberapa tahun sebelumnya. Sebuah pikir dan kerisauan untuk Ummat ini, dapat terwujud kapan saja dan di mana saja. Jadi kita hari ini perlu terus menjaga pikir menjadi asbab hidayah. Insya Allah, hidayah tersebar ke seluruh alam. Do’akan kami yang lemah untuk menjadi bagian dari langkah-langkah kerja da’wah ini.

    Terimakasih,
    Haitan Rachman
    http://usahadawah.com

    ::> Haitan Rachman
    Waalaikum salam wr. wb.
    Terima kasih Pak Haitan masih mau berkunjung. Kalau sudah begitu sebenarnya gak ada lagi alasan bagi kita untuk ragu lagi ya? Semoga Allah istiqamahkan kita selalu, Amien.

  18. 19

    AJI NUR WAHID said,

    saudaraku doAKAN Aku supaya istiqomah dalam usaha atas agama ini.

    ::> AJI NUR WAHID
    Insyaallah kita sama2 saling mendoakan….

  19. 20

    Shohibjogja said,

    Telah di lelah-letihkan dalam usaha agama ini
    sehingga ku di muliakan dengan ini
    atau ku akan hancur asbab ini

    terus do,akan kami
    yang masih terjauh dari hidayah
    wahai pencari ridho Alloh

    mau tak mau
    suka tidak suka
    usaha ini akan berkembang
    karena usaha ini Adalah usaha Alloh dan Rosul-Nya

    hidup untuk da’wah
    mati dalam da’wah
    hidup dalam da’wah, da’wah sampai mati
    gunakan potensi,fikir,harta,& diri untuk Agama,,

    ::> Shohibjogja
    Insyaallah…..

  20. 22

    […] Mudah-mudahan, suatu saat Allah SWT menghantarkan kita ke Markaz London ini, juga ke markaz-markaz yang lainnya, untuk ikut serta memikirkan bagaimana agama ini bisa semakin tersebar di seluruh alam. Insyaallah aldjo.wordpress.com […]

  21. 23

    anang said,

    Insya Allah semua yang di dunia ini turut mendoakan suksesnya ijtima’ tongi agar semakin banyak yang keluar di jalan Allah, semua orang akn paham maksud dan tujuan hidupnya.

  22. 24

    kembang kan terus rumah allah. semoga allah menurunkan hidayah di kota kamu maju terus jama,ah tabligh jangan henti2 nya berdakwah ya,…?

    ::> reddy abdulla wijaya
    Insyaallah, ini tugas kita semua

  23. 25

    Dikwan Septiawan Irawan said,

    Assalamu alaikum Wr Wb
    umur saya sudah mendekati 38 Tahun, saya dilahirkan sebagai seorang Islam, karena kedua orang tua saya beragama Islam.
    namun demikian setelah bergabung dengan Jamaah Tabligh kira2 satu tahun silam, baru kali ini saya merasakan menjadi orang Islam, dan dapat merasakan nikmatnya berwudhu, nikmatnya shalat fardhu dan sunnat, nikmatnya bangun shalat tahajjud dan menangis pada malam hari…
    Berarti saya baru masuk Islam 1 tahun belakangan ini
    Subhanallah..Allah swt masih melindungi dan menyayangi saya…yang jadi risau saya sekarang apakah anak cucu kita nanti masih diberikan juga hidayah oleh Allah Swt ? kalau tidak dari sekarang kita mengingatkan anak2 kita, tetangga2 kita dan saudara2 kita…untuk taat kepada Allah Swt
    Wassalamu alaikum Wr Wb

    ::> Dikwan Septiawan Irawan
    Alhamdulillah, mudah2an Allah SWT istiqamahkan kita. Beberapa waktu lalu Ustad Najib bayan tentang 3 tingkatan iman :
    Tingkat pertama ; Mampu menjalankan perintah Allah & Tinggalkan larangannya
    Tingkat kedua ; Merasakan lezatnya iman
    Tingkat ketiga ; Tidak terkesan dengan suasana
    Mudah2an kita bisa kesana ya …!

  24. 26

    Jaber said,

    yeeesss!!!

  25. 27

    NURJAYANTA said,

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih atas berita informasi perkembangan jama’ah tabligh, kami mau menanyakan tentang sejauh mana kesiapan ijtima’i BSD 2009, kami butuh informasinya lebih lanjut.

    ::> NURJAYANTA
    Insyallah siap, bagaimana dengan kita ?

  26. 28

    Matahari akan terbit dari sebelah barat….siapkan diri untuk jihad fii sabilillah…..

    ::> Iqbal al Dumayi
    Insyaallah……..

  27. 29

    kamal zainudin said,

    ass.semoga allah mengabulkan doa orang muslim eropah akan di bangunnya markaz dakwah di london .semoga allah memberikan hidayah dan rahmatnya.

    ::> kamal zainudin
    Amiin………….

  28. 30

    arief b said,

    assalamu’alaikum smoga Alloh tolong….adakan kerisauan dalm benak dan pikir kt tuk kuatkan da’wah trus kesluruh alam ya Alloh brikan pertolongan walo baru niat saja dalam hati umat tuk dakwah sluruh alam da’wah dinnul islam…amin

    ::> arief b
    Amiin…………

  29. 31

    Setiawan said,

    Semoga Allah S.W.T. mengabulkan keinginan kita semua dan keinginan saudara saudara kita warga Muslim di London…. Amien ya Robal Alamien.

    ::> Setiawan
    Amiin ya rabbal alamiin…

  30. 32

    Assalamu’alaikum,

    Semoga Islam semakin berkembang, bukan hanya di Ingris saja tapi menyebar keseluruh daratan Eropa serta dunia lainnya. Insya’Allah….Mohon izin artikelnya saya copy faste untuk nambah koleksi blogku mas…! Wassalamu’alaikum….

    ::> Dadung Sulaeman
    Wassalamu alaikum, tafadhal ya akhi….

  31. 33

    E. Anwar al Farouq said,

    Hidup untuk dakwah, dakwah sampai mati, MATI DALAM DAKWAH. Itulah yg terungkap ketika karkun muda lahir.Dia belumlah menjadi muslim kendati KTP muslim, begitu juga seorang wanita berumur 50thn, ketika ditanya, dia menjawab saya baru terasa menjadi orang islam.(karena baru selesai masturot).Semua ini karena kasih sayang Allah yg telah, diberikan pada kita,dan dikenalkan pada Maulana Ilyas lewat dakawah perpanjangan dari Sahabat r.hum. InsyaAllah, sayapun ingin khuruj ke London, dan belahan dunia manapun, apabila ada makhluk didalam air laut, niscaya kutempuh juga berdakwah, membawakan kalimat TAYYIBAH,berlomba-loba seperti halnya para sahabat,meskipun orang musyrik,kafir,munafik tak menyukai dakwah kita.

    ::> E. Anwar al Farouq
    Insyaallah…

  32. 34

    Miftahuddin said,

    Ass.smga kita selalu memperluas kan usah dakwah ini,amin.

  33. 35

    Abdul Samad said,

    …Allahu Akbar Tambah pengorbanan insya Allah hidayah Allah SWT kekalkan di diri kita, keluarga kita, orang-orang di kampung kita dan seluruh alam. Insya Allah Markaz Gorontalo akan segera di putus pada musyawarah Indonesia 4-6 desember 2009.

    ::> Abdul Samad
    Insyaallah….

  34. 36

    AbdulHaris said,

    Subahanallah.semoga dari Masjid Markaz London ini Addinul Islam akan tersebar diseluruh daratan Eropah, Amin yarabbal Alamin.Kaum muslimin dimanapun berada saat sekarang kami warga RW 13 kel.Kapuk jakbar sedang membangun Masjid jami AL.Hikmah dan berharap amal jariyahnya.Proposal ada pada kami.Wassalam dan mohon maaf pabila komentar kami tidak pada tempatnya.

  35. 37

    Abdul Haris said,

    Semoga ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA melimpahkan hidayah-Nya kepada kita semua. amin ya rabbal alamin.

  36. 38

    Abdullah said,

    Assalamualaikum, rakan2 seusaha! Klik untuk memperdengarkan tilawah Al-Quran, bayan, pembacaan ‘Hayatus Sahabah’, pengajian kitab, zikir, nasyid dll!

  37. 39

    Abdullah said,

    Assalamualaikum, rakan2 seusaha! Klik radioislam-nusantara.com untuk memperdengarkan tilawah Al-Quran, bayan, pembacaan ‘Hayatus Sahabah’, pengajian kitab, zikir, nasyid dll!

  38. 40

    aqsar maulana said,

    Saya sebagai umat Rasullullah SAW.sangat senang dengar dengan orang yang melakukan usaha DAKWA’ini karna ini merupakan usaha Rasullullah SAW dimasanya.Dan di zaman sekarang makin besar dan semangat usaha DAKWA’yang mulia ini.Dan usaha ini merupakan salah satu dari JIHAD.semoga ALLAH SWT sang khaliq(sang mencipta) memberi RAHMAT kepada yang ber-peran dalam usaha DAKWA’yang mulia ini.Amin….

  39. 41

    Hasby said,

    Allah hu akbar,…Usaha dakwah ini Dampaknya Sangat Luar Biasa,.gak ada seorang pun yang sanggup membendung Usaha yang Mulia ini,.suatu bukti Usaha Tabligh ini sanggup menerobos Negara Super Power Amerika,Eropa bahkan seluruh penjuru Dunia…Semoga Allah Swt memberikan kekuatan dan Hidayah pada kita semua sehingga kita bisa ambil bagian dengan Usaha yang pernah di jalankan oleh Rosululloh saw….

  40. 42

    fadhil said,

    kalau seluruh umat islam di indonesia bergerak buat usaha dakwah..masya Allah..amerika dan eropa insya Allah islam smua.

  41. 43

    fathul Mekkah said,

    Terus Perkembangannya gmn d’thn 2013 ini?

    Klw ada perkembangan. Tag’in ana ea.

    Smoga Allah ta’ala menerima pengorbanan tuan2 sekalian.

  42. 44

    syafruddin anshari said,

    saya dikenalkan dan bergabung dengan usaha ini tahun 1994 dan sejak itu sy telah mengunjungi beberapa tempat di indonesia, negeri tetangga, sampai akhirnya pergi 6 bulan ke india, pakistan dan bangladesh,,, sampai akhirnya akhir 2004 (satu dasa warsa) saya stagnan… dan skrg ingin kembali bergabung dengan usaha ini,,, mohon doa nya,,,


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: