:: Gito Rollies dan Gerakan Transnasional

Inna lillahi wainna ilaihi rajiun, hari Kamis tanggal 28 Februari 2008 lalu, Gito Rollies meninggal dunia. Banyak orang merasa kehilangan dengan kepergian sosok yang satu ini, teman-temannya sesama seniman, teman-teman seperjuangannya di masjid serta banyak orang dari berbagai latar belakang dan profesi lainnya. Mudah-mudahan akhir hidupnya adalah sebuah khusnul khatimah, akhir kehidupan yang baik yang menjadi doa dan harapan bagi kita semua.

Gito, begitu orang biasa memanggil, memang salah satu sosok yang berubah setelah banyak belajar agama dari sebuah gerakan transnasional, gerakan mendunia yang hidup lebih dari 200 negara yang berusaha untuk mengajak kembali setiap muslim untuk sanggup mengorbankan sebagian waktu, harta dan dirinya untuk menghidupkan dan memperjuangkan agama dalam setiap aspek kehidupan ; pribadi, keluarga, bisnis, pergaulan hidup dan lain-lainnya.

Gerakan ini adalah sebuah gerakan tanpa nama, stempel, spanduk atau papan nama dalam pergerakan mereka. Orang menyebut mereka dengan berbagai sebutan, ada yang menyebutnya gerakan sebagai Jamaah Tabligh, yang lain menyebutnya sebagai Gerakan Jaulah, Jamaah Silaturrahmi, Jamaah Dakwah, Jamaah Kompor dan berbagai sebutan lainnya.

Banyak orang mencibir terhadap gerakan ini, sebagian ada yang memberi stempel bahwa mereka adalah salah satu dari 72 firqah sesat, yang lain menyebut sebagai gerakan sufi modern yang penuh dengan bid’ah dan khurafat, sebagian lain menyebutnya sebagai gerakan orang-orang bodoh tanpa ilmu dan tauhidnya tidak jelas, penyembah kuburan dan pelaku berbagai penyimpangan lainnya. Sebagian lain bahkan mencurigainya sebagai gerakan yang punya tujuan politik praktis, ingin membongkar tatanan negara Republik Indonesia, ingin merebut mesjid-masjid yang didirikan oleh masyarakat setempat dan menjadikannya sebagai basis gerakan ekstrim dan eksklusif, sebagian yang lain juga menyatakan gerakan ini sebagai gerakan yang tidak membumi dan tidak cocok untuk hidup di negara kita.

Ada pandangan yang kurang fair dari sebagian orang terhadap gerakan keagamaan yang sekarang marak dan banyak berkembang di negara kita tercinta ini. Mereka memandang semua gerakan yang datang dari luar adalah gerakan yang monolitik dan satu wajah, entah itu gerakan A, harokah B atau jamaah C lainnya. Dalam pandangan mereka semua gerakan tersebut adalah gerakan yang bertujuan politik dan karena itu harus ditolak karena tidak cocok dengan budaya Indonesia. Di balik pandangan-pandangan semacam ini, sepertinya banyak orang lupa, bahwa sebenarnya semua agama yang hidup di Indonesia saat ini tidak ada yang benar-benar genuine dan lahir di Indonesia, semuanya adalah hasil infiltrasi dan pengaruh dari luar Indonesia. Lalu kenapa sekarang kita mesti takut dan sewot dengan gerakan transnasional ? Apakah di jaman global ini kita tidak sebaiknya kita membuka diri dari tempurung yang selama ini membelenggu pikiran dan keyakinan kita ? Atau jangan-jangan sikap keras kita ini disebabkan oleh paranoid kita karena datangnya gerakan tersebut dapat menyebabkan kita kehilangan berbagai previlege dan kenyamanan yang selama ini kita nikmati ? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu mudah-mudahan menjadi bahan introspeksi bagi kita semua.

Di luar itu, harus kita akui bahwa gerakan ini semakin memikat banyak orang, seperti bola salju yang semakin lama semakin membesar, bahkan suatu saat nanti kedatangannya bisa menjadi air bah yang tidak bisa dibendung lagi. Tanda-tanda ke arah itu antara lain dapat kita lihat pada pertemuan-pertemuan rutin mereka atau pada jumlah jamaah yang dikirim ke berbagai tempat. Perjalanan waktu lah yang insyaallah akan membuktikannya. Banyak orang dibuat bertanya-tanya tentang gerakan ini. Kekuatan apa yang dapat menggerakkan mereka, darimanakah mereka mendapatkan dana operasional untuk mengirim ribuan orang ke berbagai penjuru dunia, yang tentu memerlukan “jumlah” yang sangat besar dalam pengelolaannya.

Gerakan apa pula ini yang dengan qudratullah mampu merubah sosok-sosok preman menjadi sosok-sosok dai dan pejuang agama? Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sangat panjang jika diuraikan dalam sebuah tulisan. Meninggalnya Gito Rollies mudah-mudahan dapat semakin membuka mata kita bahwa gambaran tentang gerakan transnasional yang selama ini digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan dan anti toleransi adalah tidak benar.

Melihat wajahnya yang selalu bening, cerah, penuh senyum serta cara bicaranya yang teduh, saya yakin di antara kita tidak akan ada yang memberi cap bahwa Gito adalah sosok seorang ekstrimis dan teroris yang dididik oleh sebuah gerakan yang mengembangkan budaya semacam itu. Cara yang paling praktis untuk lebih mengetahui mereka adalah mencoba berkenalan langsung dan terjun dalam aktivitas mereka, jangan memandang dari kejauhan atau hanya jadi pengamat semata. Luangkan waktu tiga hari untuk menyertai majlis mereka, insya allah kita akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang luar biasa. Di sana kita akan bertemu dengan orang-orang dari beragam profesi, latar belakang, ekonomi, budaya, bahasa, bangsa dan lain sebagainya, tanpa ada sekat satu dengan lainnya, dengan satu tujuan yang sama mereka belajar untuk menata dan mengelola hidup dengan sebenarnya.

Sebagai langkah awal, datanglah ke Masjid Jamik Kebun Jeruk, Jalan Hayam Wuruk no 83 Jakarta Pusat atau “markaz-markaz” terdekat di berbagai kota Anda. Tidak percaya ? Silahkan coba, Feel the experience !

 

 

 

 

 

 

 

19 Responses so far »

  1. 1

    realylife said,

    yang penting , jalankan dengan niat yang tulus , ikhlas , mengharap rido dari Allah SWT
    itu saja

    Pro realylife :
    Mudah-mudahan Allah selalu meluruskan niat kita. Berbuat dan tidak berbuat smata-mata karena Allah SWT

  2. 2

    aBDILLAH said,

    Karkun ya, lam kenal saudaraku… dari karkun Palembang,
    Kapan 4 bulan… sukseskan takaza agama

    Pro aBDILLAH :
    Baru belajar, salam buat Pak Yusuf, Pak Yanuar, Pak Iqbal, Pak Sahr, Junaidi dll
    Insyaallah 4 bulan secepatnya

  3. 3

    Landy said,

    Assalamualiakum, Inna lillahi wainna ilaihi rajiun, semoga kita semua bisa menjadikan dakwah masud hidup, hidup untuk dakwah dan mati dalam dakwah.

    Pro Landy :
    Waalaikum salam, insyaallah sampai kita mati dan diteruskan oleh anak cucu kita sampai hari kiamat nanti

  4. 4

    Ist said,

    Innalillahi wa inna ilaihi Ro ji’un

    Ist
    Semua kita insyaallah akan kesana, mari siapkan diri kita dengan sebaik-baiknya

  5. 5

    arie iradath said,

    Assalamualaikum wr.wb… Inna lillahi wainna ilaihi rajiun.. Pasti dan pasti kita juga akan menyusul… Semoga kita semua dipertemukan lagi oleh Allah di akhirat dalam keadaan tersenyum senyum AMIN… Insya Allah ana niat 4 bulan IPB, doakan…. Jadikan dakwah sebagai maksud dan tujuan hidup, dan mati dalam dakwah….

    Pro arie iradath :
    Wassalamu alaikum wr. wb. Terima kasih atas kunjungannya. Insya allah kita teruskan perjuangan almarhum, dakwah sampai mati, mati dalam dakwah

  6. 6

    ardiansyah said,

    subhannallah………..
    kesempurnaan hanya milik allah SWT,hanya kepada-Mu aku memohon petunjuk.saya br gabung di tabligh sekitar 1 bulan.sebelumnya saya adalah seorang pendosa yg mungkin lebih parah dr alm Ust H.Bangun Sugito.semoga sampai di akhir hayat nanti tetep istiqomah dijalan dakwah, amin.

    Pro ardiansyah :
    Kita semua sedang belajar, tak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita untuk terus meningkatkan pengorbanan kita. Dakwah sampai mati, mati dalam dakwah

  7. 7

    irfan nurfajri hidayat said,

    Assalamualaikum wr.wb… Inna lillahi wainna ilaihi rajiun, saya irfan dari Medan, pernah 3 hari di Masjid Kavaleri Bandung dan ketemu Kang Gito..Ya Allah, smoga Kang Gito diterima amal ibadahnya..insya allah..
    Salam Kenal dari Karkun Medan..Tapi saya teh baru 5 bulan di Medan, Asli dari Bekasi euy..Di Jatiasih..Salam Kenal..
    Wasalam

    Pro irfan nurfajri hidayat :
    Wassalamu alaikum
    Salam kenal juga. Saya pernah singgah sekali di Masjid Jl Gajah. Mudah-mudahan kita semua menjadikan dakwah sebagai maksud hidup kita.

  8. 8

    abu ghifar said,

    Assalaamu alaikum wr.wb…
    Inna lillahi wainna ilaihi rajiun….
    Ana hanya mau menambahkan sedikt….
    Siapapun Kita… Apakah termasuk orang yang menentang, simpati, cuek,
    ataupun yang ikut ambil bagian….
    Perkara tersebut akan dipertanyakan oleh Alloh swt. nanti di akhirat…
    Semoga kita selalu mendapat hidayah dari Alloh swt…..
    Amiin…

    Wassalaam…

    Pro abu ghifar :
    Waalaikum salam
    Amien, mudah-mudahan kita diberi kekuatan untuk istiqomah dalam usaha da’wah

  9. 9

    Hj Harun T P Garang, Malaysia said,

    Bismillaaahirrohamaanirrohiim……….

    Beberapa tahun yang lalu, saya kebingungan bila memikirkan mana jemaah yang benar kerana semuanya MEMBENARKAN dukungan masing-masing..kemudian saya teringat yang ALLAH swt pernah berfirman yang maksudnya lebih kurang,’sekiranya kamu ragu tentang suatu perkara maka kembalilah kepada ALLAH dan ROSULNYA..,lantas saya berdoa kepadaNya, tunjukkilah olehMu ya Allah kepadaku akan kebenaran yang Engkau redho..seteleh beberapa tahun, inilah usaha yakni USAHA DAKWAH @ Usaha atas iman yang dikurniakan kepada saya dan sangat saya meyakininya……..saudara-saudara..,sahabat2 Rosulullah saw bertebaran seluruh alam tanpa ada yang memanggil atau mengundang merika, sekiranya tunggu diundang baru datang NESCAYA kita tidak akan dapat Agama Islam ini,sahabat2 Nabi TIDAK meminta atau menerima upah @ sponsor dari sesiapa melainkan dengan biaya sendiri Dan sekiranya merika hanya bergerak atau datang setelah dijanjikan upah atau sponsor Maka sekali lagi AGAMA terjauh dari kita..dan para shabat Nabi saw bergerak dengan USUL yang satu yaitu TAAT kepada amir selagi amir berpegang dengan MESYUWARAH, hanya satu amir seluruh dunia, dan kita hari ini LAIN NEGARA LAIN FAHAMAN, bagaimana orang Islam bisa bersatu, perhimpunan tahunan di Bangladesh amat menyentuh hati, meski berlainan bahasa, rupa, budaya, warna, cara dan gaya namun SAMA IMAN dan kasih sayang serta cinta umat maka bersatulah merika dalam jemaah khuruj ke serata tempat dan keserata dunia…jazaakaAllaahu khoiran katsiiraan….

    Pro Hj Harun T P Garang, Malaysia :
    Jazakallah, Semoga Allah istiqomahkan kita dalam dakwah dan selalu meletakkan gerak kita atas dasar musyawarah. Sampai akhir hayat kita, lalu diteruskan oleh anak cucu kita. Amien

  10. 10

    andika said,

    Salam kenal dari Karkun Manokwari-Papua
    saya mahasiswa Universitas Papua
    Alhamdulillah suasana agam hidup di kampus(Amal Maqomi)

    Tetap IstiQomah dalam Da’wah..Insya Allah.
    Amin.
    Allahu Akbar

    >> andika
    Salam kenal kembali buat seluruh karkun Manokwari-Papua
    Saya sering mendengar kargozari dari teman-teman bahwa usaha ini subur di Papua
    Mudah-mudahan kita semua istiqomah di jalan dakwah

  11. 11

    andesla said,

    ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
    SAUDARA SEIMAN SETANAHAIR, SEDUNIA:
    INNALILLAHI WAINNALILLAHIRAJIUN
    KAMI SANGAT BERDUKACITA DENGAN BANG GITO ROLLIES YANG TELAH MENDAHULUI KITA. SAYA TERMASUK SALAH SEORANG PENDENGAR YANG
    BERJUBEL WAKTU BELIAU TERAKHIR BERCERAMAH DI MASJID
    MUHAMMADAN PADANG DI HARI2 TERAKHIR DI SUMATERA BARAT.
    SAYA TERMASUK YANG BERUNTUNG IKUT MENYALAMI BELIAU SEHABISCERAMAH . CAHAYA IMAN YG TERBERSIT DIWAJAHNYA, DAN SENYUMAN TULUS TELAH MENGUNDANG SAYA UNTUK IKUT
    MERASAKAN NIKMATNYA IKUT ACARA DAKWAH INI.
    SEMINGGU PAS BERLALU, PAGI JUMAT KALAU SAYA TAK SALAH, SAYA LIHAT ACARA TV PAGI HARI,DIMANA PADA WAKTU SAUDARA AA GYM BERDOA DAN MENETESKAN AIR MATA, SAYA TERKEJUT WAKTU ITU
    MENGETAHUI BAHWA BANG GITO TELAH DIPANGGIL MENGHADAP YANG KUASA. TANPA DISADARI AIRMATA SAYA MENGALIR SEDIH.
    RUPANYA SAYA BERSALAMAN DENGAN DIA DI MARKAZ MESJID MUHAMMADAN PADANG ADALAH PERTEMUAN TERAKHIR.
    KEMUDIAN SYUKUR ALHAMDULILLAH SAYA DAPAT IKUT SERTA
    ROMBONGAN INI WALAU TANPA DENGAN BANG GITO, DAN SAYA
    SEMPAT 6 HARI TERAKHIR BERSAMA, DALAM MISSI DAKWAH INI
    YANG RENCANANYA 40 HARI. KENIKMATAN DAN MANISNYA IMAN SANGAT TERASA WALAU CUMA IKUT BEBERAPA HARI.
    MEMANG KALAU SEPINTAS KELIHATANNYA BIASA BIASA SAJA, TETAPI
    KALAU INGIN MERASAKAN MANISNYA IMAN DAN MENDEKATKANKAN DIRI
    SAMA ALLAH SWT,BOLEH 3 HARI SAJA IKUT MENCOBA PROGRAM DAKWAH INI SETELAH ITU LIHAT HASILNYA SENDIRI DAN RASAKAN.
    KEMUDIAN HATI TERPANGGIL UNTUK MELANJUTKANNYA DI LINGKUNGAN KITA SENDIRI, DALAM KELUARGA , TETANGGA , DAN MASYARAKAT
    SEKITARNYA. MEMIKIRKAN SESAAT SAUDARA2 KITA YANG TERLENA, TIMBUL HASRAT KITA UNTUK MEMBANGUNKAN MEREKA DAN BERSAMA2
    UNTUK MENYADARKAN DIRI UNTUK LEBIH BAIK BERAMAL MENGGAPAI
    KEREDHAAN ALLAH SWT. HIDUP SANGAT SINGKAT, TETAPI PERJALANAN MENUNGGU KITA,PERJALANAN YANG SANGAT PANJANG DI AKHIRAT NANTINYA SETELAH KEMATIAN KITA. BAGAIMANA DENGAN BEKAL KITA
    APA SUDAH DISIAPKAN? PILIHAN CUMA DUA,TEMPAT TERAKHIR KITA, SORGA DAN NERAKA. KEHIDUPAN YANG ABADI DISANA MENUNGGU KITA,
    KITA SAMA SAMA BERDOA SEMOGA ALLAH SWT MEREDHOI SEMUA AMALAN KITA,,AMEEN YA RABBAL ALAMIN.
    BUAT TEMAN2 DI LUBUK ALUNG, JUGA PADANG PARIAMAN DAN SAUDARA SEIMAN
    SETANAH AIR JUGA SEDUNIA MARI SAMA SAMA IKUT MELANJUTKAN
    DAKWAH INI SEMOGA NIAT DAN TUJUAN KITA UNTUK MENCAPAI DERJAT KETAQWAAN KITA LEBIH BAIK DIMASA MENDATANG, BERSAMA DENGAN SAUDARA SAUDARA KITA., DISAMPAIKAN ALLAH SWT, AMEEN.

    >> andesla :
    Amien, Mudah-mudahan kita semua istiqamah dalam usaha ini

  12. 12

    nexlaip said,

    Semoga Allah teguhkan da’i 2 dan dimudahkan untuk keluar di jalan Allah, Agar Allah istiqomahkan dan muncul Gito2 yang lain dan Allah Bangkitkan Umat ini sebagai hadiah dari pengorbanan orang2 yang berjuang di jalan Allah

    >> nexlaip :
    Amien, taqabbal duaana ya Allah

  13. 13

    rama said,

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh !!!!!!!!!!!!!!! maaf,,aku seorang yang buta tentang agama,,aku mulai berfikir untuk mulai belajar,,,semoga tidak terlambat,,,,,melalui forum ini aku mohon bantuan saudara2,,,langkah apa yang harus aku lakukan untuk memulai semua ini..perlu saudara2ku ketahui,baru beberapa bulan ini aku tinggal di eropa dan mungkin untuk beberapa tahun. Aku ingin setelah pulang ke indonesia,,bisa membawa oleh2 ilmu agama. kiranya cukup sekian dulu….Wassalam !!!!! ( ramakatiano@yahoo.com )

    >> rama
    Alhmdulillah sekarang usaha dakwah dan tabligh ini ada di seluruh dunia. Anda bisa bergabung dengan jamaah yang bergerak dari masjid ke masjid di Eropa. Insya allah kita bisa belajar banyak hal dengan jamaah-jamaah tersebut. Semoga Allah berikan hidayah kepada kita, amien

  14. 14

    Abu Qiyam said,

    Alhamdulillah…walaupun saya seorang militer di Cimahi..
    Allah tetap beri hidayah untuk istiqomah keluar di jalan Allah..
    Insya Allah kalau ada cuti saya niat keluar setelah Jord di Serpong Agustus mendatang..Jangan lupa kalau bangun malam kirim do’a buat saya
    ..Abuqiam..Cimahi

    >> Abu Qiyam :
    Doakan juga saya Pak, insya allah saya juga niat 4 bulan IPB. Siapa tahu kita bisa keluar bareng ya Pak. Amien !

  15. 15

    wahhab said,

    semoga Allah istiqomahkan kita di jalan Allah

    >> wahhab :
    Amien, taqabbal duaana ya Allah

  16. 16

    Maulana Riza said,

    Alhamdulillah saya sudah keluar tiga hari bulan ini, saya dari Lampung dan kemarin saya ikut ke serpong, salam buat maulana idang yang lg keluar 40 hari, jangan ngejos2

    ::> Maulana Riza
    Jazakumullah atas kunjungannya, mudah2an Allah mempertemukan kita …

  17. 17

    fatimah said,

    qt sama2 berjuang untuk mendapatkan redho Allah.. mudah2an kita slalu istiqamah.. amien..

  18. 18

    trimo susilo said,

    Saya senag dengan adanya blog ini, karena bisa menambah atau membangkitkan jasbah saya untuk beramal lebih baik lagi.mudah mudahan saya bisa menghadiri ijtima di serpong tgl.18 juni 2009 ini. mohon doa dari semua kawan kawan di jemaah agar saya bisa keluar 4 bulan secepatnya. amin

    ::>trimo susilo
    Insyaallah Pak kita saling mendoakan, Juli nanti ya !

  19. 19

    Nur kolik said,

    Mohon saran bgm untuk menambah semangat dalam amal masjid di tempat sendiri karena biasanya klo udh sampai di tempat sendiri terasa berat.

    ::> Nur kolik
    Kami pun sedang belajar, kami juga lemah. Insyaallah apa yang bisa kita lakukan, jangan ditinggalkan…Insyaallah kita saling mendoakan ya…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: