:: Markaz Tabligh Sri Petaling Malaysia

Jamaah-jamaah dari Indonesia yang akan keluar ke IPB (India Pakistan Bangladesh), selalu disarankan untuk transit di Markaz Tabligh Malaysia, yang terletak di kawasan Bandar Baru Sri Petaling, Kuala Lumpur.sripet1

Dari segi fisik, bangunan ini sangat memadai untuk dijadikan markaz. Berada di tanah yang cukup luas, masjid ini terdiri dari tiga bangunan induk, dilengkapi dengan berbagai fasilitas dari mulai toilet, tempat wudlu, tempat mandi, menjemur pakaian dan lain sebagainya. Semuanya tertata dengan bersih dan rapi. Setiap saat masjid ini selalu dibersihkan oleh para jamaah yang sedang hidmat di markaz.

Di markaz ini, sebagaimana markaz-markaz Tabligh lain di seluruh dunia, dalam 24 jam sehari semalam selalu hidup dengan berbagai aktifitas ; da’wah, ta’lim dan taallum, ibadah dan dzikir serta hidmat, amalan-amalan tersebut merupakan amalan yang dihidupkan di Masjid Nabawi di jaman Rasulullah SAW dulu. Dengan asbab 4 amalan tersebut, Islam tersebar ke seluruh penjuru alam.

sripet2

Aktifitas di pagi hari biasanya dimulai dengan bayan subuh, setelah itu ada musyawarah harian, lalu kemudian ada ta’lim, bayan hidayah untuk orang-orang yang akan keluar di jalan Allah dan bayan wabsi untuk orang-orang yang akan pulang ke rumah selepas mereka menghabiskan masa khuruj.

Lalu setelah shalat dluhur ada ta’lim. Kemudian setelah shalat ashar ada karguzari, laporan perjalanan orang-orang yang baru pulang dari khuruj. Kemudian setelah maghrib, ada bayan maghrib dan setelah Isya, ada pembacaan kitab Hayatussahabah, kisah hidup para sahabat, orang-orang terbaik yang pernah hidup di muka bumi ini. Setelah itu, para jamaah melakukan amalan-amalan infirodi, baca Alquran, shalat sunnat, dzikir atau amalan-amalan lainnya. Pada jam 03.00 atao 04.00 dinihari semua jamaah biasanya sudah bangun kembali untuk melaksanakan shalat tahajud.

sripet3

Di markaz ini, sebagaimana markaz lain, tiap hari jamaah datang dan pergi, baik dari dalam negeri maupun jamaah-jamaah yang datang dari luar negeri. Jamaah yang datang dari luar negeri (termasuk Indonesia) ke masjid ini selalu dilayani dengan istimewa. Mereka memperlakukan para tamunya sebagai tamu-tamu Allah yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Semua keperluan, dari mulai tempat istirahat, makanan dan fasilitas-fasilitas lainnya tersedia dengan lengkap, semuanya free, gratis, tis, tis !.

sripet4

Di markaz ini juga terdapat sebuah madrasah bernama Madrasah Miftahul ulum, jumlah santrinya ada sekitar 150 santri, dari Indonesia saat ini terdapat 6 orang santri. Santri-santri ini disiapkan untuk menjadi orang-orang alim dan hafidz Alquran, yang akan memandu ummat ini dimasa-masa yang akan datang.

Di Markaz Sri Petaling ini kita juga bisa berjumpa dengan orang-orang tua kita dari Malaysia yang telah banyak menghabiskan hari-hari dalam kehidupan mereka untuk agama.

Kita juga bisa berjumpa dengan saudara-saudara kita dari Malaysia yang telah pergi khuruj ke berbagai tempat di indonesia lebih dari kita orang Indonesia sendiri.

Sebagaimana di Indonesia, di markaz Malaysia ini, saudara-saudara kita di sana juga sedang sibuk menyiapkan sebuah hajatan besar, yaitu “Ijtima’” bulan Juli 2009 nanti. Bagi mereka ini adalah hajatan yang istimewa, karena mereka sudah lama tidak menyelenggarakan ijtima sejak ijtima terakhir 27 tahun yang lalu tepatnya tahun 1982.

Ijtima ini insyaallah akan dihadiri oleh para penanggung jawab usaha dakwah di seluruh dunia ini, termasuk masyaikh-masyaikh dari markaz Nizamuddin (India), Rewind (Pakistan) dan Kakrail (Bangladesh).

Mari siapkan diri kita untuk menyukseskan ijtima 4 negara kawasan ASEAN tersebut, dimulai dari Singapura, lalu Malaysia, Philipina dan terakhir “gong-nya” di Indonesia. Insyallah !

**3 gambar terakhir diambil dari mahaguru58.blogspot.com

About these ads

45 Responses so far »

  1. 1

    wahyono said,

    Insyaallah kita bertemu di ijtima’ Indonesia nanti.

    ::> wahyono
    Insyaallah……….

  2. 2

    Super Admin said,

    karkun malaysia lebih josh dari karkun indonesia

    ::> Super Admin
    Kita memang harus lebih banyak belajar & berkorban..

  3. 3

    Maulana Yusuf Iskandar Muda said,

    Assalamu aikum
    saya karkun Lampung Indonesian Hub Saya Hp 082880116967

    ::> Maulana Yusuf Iskandar Muda
    Jazakallah mudah2an kita bisa ketemu…

  4. 4

    Mughirah said,

    assalamualaikum….bangun! bangun bangun! lah..wahai daie….sudah… sudah lah..berehat ….wahai daie yg tidur…..jgn lah sampai kita bangun nanti …dan terus BERDIRI dan JAWAP di depan ALLAH SWT…..adakah alasan yg sama semasa di dunia ini UNTUK kita nak berikan DAN JAWAPAN di depan ALLAH SWT….?????? NAFSI …NAFSI…NAFSI…BERSENDIRIAN LAH…..

    ::> Mughirah
    Insyaallah……

  5. 5

    yusuf sampangan SMG said,

    assalaamu’alaikum. syeh datang ya di ijtima’ indonesia tanggal 17-19 juli 2009 di Jakarta. hub 085640312293

    ::> yusuf sampangan SMG
    Insyaallah kita semua siap menyukseskan ijtima tersebut

  6. 6

    Islah said,

    minta fotonya
    jazakallah

    ::> Islah
    Silahkan saya juga mengambil dari sumber lain..

  7. 7

    fauzi said,

    doakan saya ni kawan-kawan smoga selalu dipilih Allah SWT

  8. 8

    Mohd Zahidi Ab Aziz said,

    Assalamualaikum,

    Kita kena usahakan ke satu tahap sebagaimana ke araf keseluruhan kehidupan nabi s.a.w dalam kehidupan kita, jadikan siangnya nabi s.a.w siang kita, malamnya nabi s.a.w malam kita. doain untuk saya,sekeluarga & seluruh umat nabi s.a.w

    ::> Mohd Zahidi Ab Aziz
    Insyaallah sama2 kita saling mendoakan…

  9. 9

    Muh. Maman said,

    Syech kirim jamaah ke indonesia, belakangan sudah lama tidak kedatangan jamaah malaysia, sukron

    ::> Muh. Maman
    Ya nih kita tunggu saudara2 kita dari Malaysia

  10. 10

    kies ahmad said,

    ass..
    Ijtima’ ind. tanggal 17 – 19 juli 09 di BSD tangerang dengan target 13.250 jamaah, gimana ini? ya kita usahakan gerakkan jamaah 40 hari di halaqah kita. wss.

  11. 11

    MULYADI said,

    sesungguhnya allah SWT telah meletakan seluruh kejayaan umat manusia hanya dalam agamaNya, sejauh mana seseorang tsb dapat mengamalkan agama, sejauh itulah kejayaan yang ada pada dirinya.

    ::> MULYADI
    Insyaallah kita sama2 belajar mengamalkannya ya …..

  12. 13

    paqjie said,

    datanglah ke itjima malaysia bulan julai nie…
    insyaAllah…Allah bersama2 kalian

    ::> paqjie
    Insyaallah kita sukseskan ijtima ini…………….

  13. 14

    sofyan said,

    assalamu’alaikum, ana nak cari hp abdul halim karkun dari thailand, hub ana +60169091123 syukron

    ::> sofyan
    Ayo siapa bisa hubungi Abdul Halim, sila bantu saudara kita, Pak Cik Sofyan….

  14. 15

    Effendi said,

    insya Allah ijtima Indonesia 17-19 Juli bisa mengeluarkan jemaah sebanyak-banyaknya. Jzklh

  15. 16

    Effendi said,

    Jangan lupa para dai-dai untuk datang silaturahmi ke situs tabligh saya. Jzklh

    ::> Effendi
    Ayo kita kunjungi

  16. 17

    davesue said,

    doain ana yach untuk semuanya, ana lg futur nech, ingin banget sebenarnya aktif lagi, kasih targhiban dunk untuk ana? mang kata orang agama tuch yang penting kondisi real sekarang bukan yang dulu qta pernah kerjakan. makana doain ana biar dipilih allah lg. klo mw email kirim aza ke davitsulasmono@yahoo.com
    namanya emang agak kaya orang non muslim tapi ana muslim lahir batin loch, cumakarena ortu aza yang kasih nama kaya gitu kalo nama baru ana daud.

    ::> davesue
    Insyaallah, kita saling perbanyak doa, jangan sampai putus dengan kerja mahallah, halaqah dan markaz….

  17. 18

    shahul hameed khan 786 said,

    alhamdullilah allah swt sentiasa tolong kita . dia lah maha guru kapada seluruh dunia. sesetengah nikmat itu hanya datang sekali tetepi bersyukur kena selalu.
    zikir banyak2 sebut nama allah swt hati kita akan terangi rahmat ALLAH SWT.
    IBADAH BUKAN BEBAN IA HADIAH TERINDAH daripada TUHAN…..
    WAHAI SAUDARA DAN SAUDARI SEKALIAN JANGAN melupakan jasa ALLAH SWT KERANA DIALAH KITA HIDUP DI DUNIA .DIA LAH MAHA BESAR ALLAHUAKKBAR ..SYUKUR KEPADA ALLAH S.W.T

  18. 20

    syukur kepada allah swt .wahai saudara sekalian sy nak beritahu satu berita iaitu
    semua ahli tablik di masyuarat di sebang stadium iaitu datang dari seluruh negara .sudah lima hari tapi masyuarat mula hari ini hapih hari ahad selepas hapih sembahyang luhur…..masyuran ini selepas 27tahun kali ini mula . ini kali kadua wahai saudara sekalian jangan lepas beluang. kerana datang dari seluruh dunia semua wali ,wulama,hafiz ,alim,kargon dan ahli tablik************

    ::> shahul hameed khan 786
    Mari kita sukseskan Ijtima di Malaysia, Indonesia, Singapura dan Philipina.

    ..

  19. 21

    assalamualaikum..warahmattullahi wabarakkatuh…….

  20. 22

    abu ashim said,

    assalammualaikum wr. wb.
    syech tolong doakan ana, ana niat ke ipb bulan november, ana dari batam tlg doakan syech semoga kita semua tetap dipilih ole allah swt, amin

    ::> abu ashim
    Insyaallah kita saling mendoakan….

  21. 23

    pentunjuk said,

    ijitama 2009 akan datang saya seru umat muhammad s.w.a.untuk kita bersama2 iktifaq,,,,,,ansya allah semoga allah akan buka pintu hidayah kita semua,,,,,

    ::> pentunjuk
    Insyaallah….

  22. 24

    Thoriq Jamil said,

    Insya Alloh kapan2 transit lagi untuk ke IPB.

    ::> Thoriq Jamil
    Insyaallah minta doanya….

  23. 25

    hafiz said,

    assalamualaikum….wahai hamba Allah..kita hanya berusaha ke atas seseorang yang nak bagi hidayat ialah Allah…..

  24. 26

    Muhammad Dzulqarnain said,

    Assalamu’alaikum da’i 2 Allah. Insya Allah tidak lama lagi akan diadakan ijtima” dunia di Tonggi Bangladesh yang insya Allah akan diadakan pada tanggal 21-24 Januari ini, mari kita bersama-sama luangkan waktu untuk dapat keluar di Jalan Allah, fastabiqul khoirot. Boleh minta no.telp H.Muctar Penanggung Jawab Markaz Sri Petaling yang tahu infonya, syukron Hp.085268800907

  25. 27

    Kepingin rasanya keluar ipb dan negeri jauh termsuk malaisia dan tailand tapi kendala dengan pekerjaan yang tidak bisa cuti insyaAllah setelah pensiun hidupku sisanya untuk dakwah,ana sekarang sedang membuat masjid UKURAN 10X14M di sekolah yang ana pimpin dan akan dijadikan pusat studi jamaah pelajar ,tahun 2008/2009 saya keluarkan jamaah pelajar 3 hari sebanyak 25 orang.insyaAllah setelah mashjid jadi akan saya ajak siswa untuk belajar i.tikaf di masjid tersebut dan baru setelah tahun ajaran berakhir akan saya ajak keluar,sekarang lagi bikinpondasi dan dinding sudah menngabiskan 23.000.000 atap dan lantai belum mohon doa dan bantuan danini no rekning 5768-01-008108-53-2 an MTs Nurul Fajri Tambangan Kelekar Bank BRI Gelumbang. cabang Prabumulih.Semoga amal kaum muslimin ihwan dan jamaah yang berinfak menjadi amal jariah amin Jazakumullah hoiron kasiro

  26. 28

    irvan said,

    as,syeh ana skrg mhsswa di ISI padang panjang indonesia,jrusan seni musik,ana kluar istiqomah,muzakakarah syeh;
    ana sdh tahu kuliyah ana bahaya,kn di jurusan musik,namun orang tua blum paham dakwah,ana trus kul dan tlh buat usaha dakwah di kampus,alhmdlh AllahSWT lancarkan,skrng ana bingung kn merasa goncang iman asbab suasana kampus,ana mo berankat ke pakistan,namun tafakut ana blom ada klo ke pakistan orang tua ana setuju,klo ana sudah ada gambaran ana berangkat ke pakistan dan akan bermujahadah untuk ngumpulin tafakut dari sekarang dengan asbab kerja,berhenti kuliyah usaha dikampus ga ada yg lanjutkan,,gimana syeh agar ana berguna untuk keluarga,kaumuslimin dan kaumuslimat,umat seluruh alam..?dan ana hanya mengharap ridho Allah SWT

    ::> irvan
    Insyaallah tambah pengorbanan, Allah SWT akan berikan kita kefahaman. Untuk masalah2 yang kita hadapi kita bisa nasehat kepada orang tua2 kita..

  27. 29

    muhammad rully setiawan said,

    “ALLAHUAKBAR” mari kita semua niat jadikan dakwah maksud hidup ikut cara RASULULAH.SAW.dan ikut arahan kerja.”YA ALLAH” JADIKAN DAKWAH MAKSUD DAN TUJUAN HIDUP KAMI & KIRIM KAMI KESELURUH ALAM “YA RAB” , KAMI BANGGA “YA RAB” ENGKAU PILIH KAMI,SEMOGA “ENGKAU” TERSENYUM MELIHAT KAMI “YA RAB” & ENGKAU PERBAIKI KAMI.”LA ILAHAILALLAH MUHAMMADURUSULULLAH”.

  28. 30

    abdullah umar al ahsani said,

    assalamu’alaikum shbt semua,la tahzan..semua nabi dan rasul bersusah payah untuk usaha dakwah ini,bila ada orang jahil yg tanya terus dalil 3hr ada di surat maryam,40hr ada di surat ibrahim dan surat yunus,4bln di surat at taubah dan al maidah,1th ada di surat al qoshos.14th ada dlm kisah ibrahim as.bahkan seumur hidup buat usaha dakwah itu wajib hukumnya sampai masuk kubur.ana yg dhoif dan bodoh ini mohon di maafkan sblmnya.jzklloh.[insyaalloh dlm wktu dkt ana dan shbt2 di jabal uhud terbitkan bukunya]mohon do’anya]

  29. 31

    mohd farid bin sahak said,

    assalamualikum.

  30. 32

    zul said,

    Assalamualaikum.

  31. 33

    Sofyan said,

    I thiink tabligh is a good potential to make all muslims practice their religion all os aspects of lie

  32. 34

    Muhammad said,

    tiada perkataan yang lebih baik daripada mengajak ke jalan ALLA…..
    AZAM 40 IPB..

  33. 35

    Abu Syofian said,

    Assalamu’alaikum…. ana dari Pekanbaru.

    Khuruj Fisabilillah bagi saya pribadi adalah sebuah methode mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena semua kegiatan tidak menyimpang dari Agama Islam.

    Kalau itu dibilang Jihad memang jihad, berdasarkan (dalilnya) bahwa jihad yang paling besar itu kata Nabi adalah melawan Hawa nafsu. Melawan hawa nafsu – meninggalkan apa yang dicintai, disenangi dan disukai. Itupun selama 3 hari dan masih belajar belajar. Sasaran akhirnya adalah surat At Ttaubah ayat 24.

    Katakanlah: “jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

    Kalau Jumlah harinya, samalah dengan itikaf dan tidak mengikat. Ada 10 hari seperti di akhir bulan ramadhan. Boleh itikaf 10 hari boleh 1 hari bagi pelajar, boleh 3 hari. Kenapa 3 hari. Karena bertamu itu hanya dibolehkan 3 hari. Jadi selama 3 hari 1 Mesjid. Tidak menyalahi sebagai seorang tamu. Kalau 10 hari berarti 4 mesjid.. Apakah itikaf itu tidak ada dalilnya ?

    Pada intinya apapun didunia ini mengalami proses. Tak ada yang buang percuma, detik demi detik, itulah ketentuan Allah. Nah detik demi detik tsb apakah ia berada di dalam suasana agama atau sedang bukan dalam suasana agama. Orang-orang yang khuruj Itikaf 3 hari sedang dalam suasana Agama. Detik demi detik selama 3 hari pasti sedang mngalami proses. Disaat itikaf ada kegiatan agama yang lain. Seperti dakwah ilallah, taklim wataklum, zikir ibadah dan khidmat

    Kita bandingkan bagaimana proses Allah swty ang terjadi, detik demi detik tetapi bukan dalam suasana agama. Yakni dalam suasana pengeraman telor ayam. Namanya pengeraman, namun ada kegiatan lain didalamnya atau tertibnya.. Seperti temperatur harus konstan, kelembapan dan sirkulasi udara terjada, yang penting lagi harus dibolak balik. Begitulah hari demi hari sehingga setelah 21 hari maka proses Allah betul betul membuahkan hasil, telor menjadi anak ayam.

    Namanya Itikaf 3 hari.
    Kegiatannya sholat wajib dan sholat sunat. Sholat Wajib 5 waktu sholat sunat sebelum dan setelahnya. Kemudian sholat Fajar, sholat duha, Sholat hajat, sholat tobat, sholat tahajud, sholat witir dan sholat tasbih. Tidak boleh keluar mesjid tanpa izin amir. (imajinasikan ayam yg mengeram tidak boleh sering turun dari sangkarnya)
    Kegitan berikutnya, baca Buku Fadilah Amal ( Fadilah alquran, fadilah sholat, fadilah zikir, fadilah tabligh, kisah kisah sahabat), Fadilah sedekah (keutamaan menginfakkan harta, celaan terhadap kebakhilan, pentingnya zakat dan keutamaannya, ancaman bagi yang tidak menunaikan zakat, anjuran supaya zuhud-qana’ah dan tidak meminta minta, Kisah para akhli zuhud dan dermawan, serta pentingnya ingat akan mati dalam bab anjuran supaya zuhud –qana’ah Hadits ke 19 hal 522), membaca buku Kumpulan hadits-hadits shoheh (Munttakhab Ahadits) dalil dalil 6 sifat. Muzakarah adab adab sunah, muzakarah 6 sifat. Membaca buku khuruj fisabilillah, doa masnunah dsbnya.
    Kegiatan berikutnya Silaturrahmi kepada tetangga sekitar Mesjid.
    Jauh saling mendoakan dekat saling silaturrahmi. Diantara pembicaraan dunia sdr yang dikunjungi diselipkan pembicaraan kebesaran Allah swt. “Adakah perkataan yang lebih baik dari pada mengingatkan orang kepada Allah ?”
    Kemudian Jaulah, jaulah adalah tulang punggung dakwah, dakwah adalah tulang punggung agama. Jaulah intinya mengingatkan sdr sdr seiman (yang sama sama mengucapkan kalimah La ilaha illallah ) tentang pentingnya iman dan amal sholeh serta “mengingatkan” kepada hari akhirat yang tidak nampak. Karena sifat manusia pelupa, yang nampak saja sering lupa apalagi yang tidak tampak. Itupun ada arahan arahannya kepada siapa bersilaturrahmi. Kalau dia akhli mesjid, paham agama dan berilmu seperti sdr salafy maka kita mintakan doa kepadanya, untuk menghargai mereka. Itupun kalau mereka mau disilaturrahmii.
    Disaat Jaluah inilah kita menemukan 4 karakter manusia yang mirip seperti apa yang ditemui Rasulullah, seperti Abu Jahal, Abu Tholib, Abu Bakar dan Abu Syofian.

    Jadi kegiatan tsb betul-betul full, melelahkan dan perlu istirahat siang. Karena malamnya sibuk zikir dan tahajud. Maka masyarakat kalau melihat disaat itu akan berkata : “ Apa kerja orang orang berjenggot ini, siang hari tidur tidur di Mesjid, sementara masyarakat sekitarnya kerja.” (walau) padahal mereka yang mengatakan kerja itu kadang kadang istrahat juga, istrahatnya bukan tidur, tapi kumpul dikedai kopi. Kalau kerja malam maka mereka tidur juga. Sebetulnya kalau kita tahu kesibukan mereka tidak perlu dipermasalahkan.

    Nah kalau kegiatan mereka itikaf di Mesjid 3 hari telah selesai, kmd pindah mesjid lagi.
    Sebelum pindah ada adab adabnya seperti sebelum masuk mesjid juga ada adab adabnya. Membacakan adab perjalan dan berdoa. Tak lupa khitmad Mesjid setiap meninggalkan mesjid. Sambung lagi Mesjid yang lain selama 3 hari lagi, kalau mereka 40 hari maka diperkirakan 13 Mesjid telah dikunjungai, termasuk masyarakat sekitarnya. Hari yang ke 39 kembali kemarkas (Mesjid) untuk dibayan wabsi, atau nasehat utk pulang.

    Jadi kegiatan selama itikaf di Mesjid, dakwah Ilallah, taklim wataklum zikir ibadah dan khitmad.

    3 hari memberikan perobahan yang drastis. Kita tidak mengetahui bagaimana proses Allah terjadi kepada seorang preman yang berusaha bertobat dan mendekatkan diri kepada Allah swt, kemudian Allah swt menyambutnya dengan memberikan hidayah. Ada kekuatan untuk mengamalkan perintah-perintah Allah swt. (jangan kita ribut, atau menuduh yang bukan bukan, hidayah adalah proses Allah). Biji bayam fitrah atau kejayaan hidupnya dimana ? Allahswt telah meletakkan kejayaanya didalam tanah. Nah kalau biji bayam dibenam kedalam tanah atas proses Allah swt maka berkecambahlah dia, butuh berapa hari ? Telor itik menjadi seekor itik butuh proses Allah swt, berapa hari ? Sperma (maaf)yang antum tumpahkan dirahim istri butuh berapa hari atau bulan menjadi seorang manusia ? Kenapa biji bayam, sperma, telor itik ditarok diluar tidak mengalami perobahan ? Karena bukan tempatnya. Jadi untuk mengalami perobahan ada tempat yang cocok untuk masing masingnya. Manusia mengalami perobahan Allah letakkan ditaman taman sorga atau Mesjid. Kalau dirumah ? Hanya ilmu yang bertambah, tetapi kekuatan beramal atau hidayah wallahu’alam. Kenapa? karena hidayah adalah hak prerogative Allah swt.

    Ada orang karena merasa berilmu kemudian ngomong, “ Saya lebih ikhlas sholat dirumah saja, ketimbang di mesjid tetapi merasa terpaksa (mungkin maksudnya sholat subuh dan isya).Ini sama artinya dengan : “saya lebih ikhlas mencuri dari pada terpaksa bekerja” Atau ada yang lebih gila lagi “ Orangnya beriman tetapi tidak berilmu” tetapi yang ngomong ini tidak berani mengatakan “ Orangnya berilmu tetapi tidak beriman” Menurut dia mana ada orang berilmu yang tidak beriman. Padahal kalau kita perhatikan orang yang berilmu tak berimanlah yang paling banyak mengisi dunia ini.

    Tadi ada yang mengatakan, waktu Nabi saw berdakwah bukan orang orang bodoh yang dikirm tetapi orang orang yang berilmu seperti Ali bin Abu Tholib dsbnya. Apakah Ali ra seorang diri saja yang dikirim ? tentu bukan, bukan. Ali ra adalah amir rombongannya. Karena untuk bepergian rasulullah menganjurkan minimal 2 orang agar terbentuk jemaah bila sholat di perjalanan. Diantara robongan Ali ra tsb tentu ada juga yang ilmunya masih kurang disbanding Ali ra. Begitu juga rombongan Jemaah Tabligh, ada amirnya, ada hafisnya ada alimnya dan ada juga yang masih bodoh. Dalam segi Ilmu ia lemah tetapi dalam segi menghidmat sdrnya ia ikhlas. Bukankah itu relatf ?

    Dibeberapa Mesjid banyak Salafy menghidupkan itikaf sepuluh hari diakhir ramadhan. Itu sangat bagus. Satu hari membayar untuk buka dan sahur dll Rp 25.000 per hari / kepala. Kalau 10 hari Rp. 250.000. untuk satu mesjid saja. Ada yang campur, wanita dan laki laki ada laki laki saja dari remaja hingga tua. Banyak kegiatan agama dilakukan. Setelah selesai tentu perlu dievaluasi. Adakah jemaah mengalami peningkatan amal mereka setelah selesai, terutama amalan wajib, seperti sholat berjemaah ? Kalau ilmu jelas bertambah, karena mereka mendatangkan ustaz ustaz pintar. Tentu sesuai dengan kemampuan mereka. Mereka itu di Mesjid yang 3 hari yang berstatus Tamu, 7 hari berikutnya status mereka jelas bukan tamu lagi.

    Nah sekarang coba bandingkan dengan Jemaah Tabligh yang itikaf selama 3 hari, melakukan kegiatan Agama juga tetapi lebih komplek. Satu hari masing masing bayar Rp.10.000 untuk keperluan makan 3 kali dan snack serta susu. Tidak ada untuk pengeluaran lain. Setelah 3 hari terjadi perobahan yang signifikan, bayangkan dari preman menjadi akhli ibadah. Memang umat akhir zaman tidak diciptakan sebagai akhli ibadah saja tetapi sebagai akhli dakwah. Untuk menjadi akhli dakhwah harus akhli ibadah dulu atau sejalan kedua duanya. Seperti kata Nabi sampaikanlah walaupun satu ayat.

    Akhli ibadah belum tentu akhli dakwah, dan akhli dakwah harus akhli ibadah. Kalau tidak ia akan jadi munafik. Ilmu disampaikan tetapi ilmu tidak diamalkan !
    Ciri cirri munafik berkata bohong. Bohong bukan sekedar kata katanya saja bohong , kata katanya benar tetapi orang lain disuruhnya dia sendiri tidak melakukannya. Umumnya orang seperti ini yang banyak mengetahui Ilmu, berilmu. Tetapi tidak ada kekuatan mengamalkannya. Ciri ciri munafik yang lain, kalau berjanji sering tidak ditepati dan kalau dipercaya sering khianat.

    Ada ustaz yang mengartikan kalau sudah sudah ada ciri ciri ketiganya baru dikatakan munafik tulen. Kalau Nabi saw memanggil orang munafik itu adalah orang yang tidak sholat subuh dan isya berjemaah. “ Kalaulah orang orang munafik tersebut mengetahui manfaat salat subuh dan isya berjemaah maka ia pasti mendatanginya sekalipun dengan merangkak”. Dan orang munafik tersebut kata Allah swt kekal didalam Neraka sesuai dengan surat at taubah ayat 68. Bahkan dikerak keraknya neraka. Munafik itu lahirnya Muslim hatinya kafir. Dan ajibnya lagi Sifat munafik tsb akan terbebas dari seseorang apa bila ia mampu sholat berjemaah 5 waktu selama 40 hari berturut turut tanpa tertinggal takbirratul ula. Bahkan dua kekbebasan, bebas sifat munafik dan bebas api neraka.

    Kok bisa dengan solat berjemaah saja…? Itulah proses Allah swt.

    Masuk sorga dengan bebas api neraka lain, nggak sama, walau sama sama masuk sorga.
    Masuk sorga bisa jadi masuk neraka dahulu, sementara bebas api neraka artinya langsung masuk sorga.

    Makanya didalam 6 sifat para sahabat, setelah beriman, meyakini Allah dan RasulNya yang kedua Sholat khusuk wal khuduk, kemudian ilmu maha zikir, ikramul muslimin, ikhlas dan terakhir dakwah wat tabligh. Itu adalah kerangka dakwah para sahabat, dakwahnya orang orang salaf. (Jangan bangga kita dibilang orang salafy tetapi tidak salaf, maksudnya berilmu saja, tetapi sholat subuh dan isya dirumah). Kerja para sahabat diantaranya mengajarkan orang orang kafir cara sholat sebelum mereka masuk islam. Kemudian baru amalan amalan lain ditambahkan. Termasuk para sahabat itu berdakwah dan bertabligh. Orang orang sekarang menyebutnya jemaah tabligh. Tetapi orang jemaah tabligh belum tentu semua seperti sahabat. Kita “semua” (Salafy, JT dll) sedang meniru-niru seperti sahabat. Sedang berusaha ikut seperti sahabat (sahabat berdakwah kemana mana). Sehingga nantinya insya Allah seperti sahabat. Barang siapa meniru niru suatu kaum maka dia digolongkan kepada kaum tsb.

    Mungkin itu yang bisa saya jelaskan tentang Jmaah Tabligh ini. Sebetulnya masih banyak lagi nusroh Allah yang terasa itupun sesuai dengan tingkat pengorbanan kita terhadap agama ini. Pengorbanan untuk Agama Islam berbeda dengan pengorbanan untuk orang orang islam. Lalu ada yang berkata : “Kenapa keluarga dikorbankan / ditinggalkan, kan masih bisa itikaf di mesjid sendiri, dakwah di lingkungan sendiri dan masih banyak yang belum mengamalkan agama”. Kalau cara berfikir antum tersebut diamalkan oleh para sahabat dizaman Rasulullah, maka agama islam tidak akan sampai kepada kita semua. Ketahuilah disaat Rasulullah wafat, di Medinah masih ada orang kafir bahkan seminggu kemudian muncul nabi palsu. Kenapa bukan Madinah dibereskan dahulu kenapa jemaah dikirim juga ke negeri Cina dan seantero dunia.? Itulah sunnahnya.

    Yang benar datangnya dari Allah yang salah adalah kelemahan dan keboodohan saya. Kepada Allah.swt saya meminta ampun dan mohon maaf kepada sdr sdr.
    Terakhir ada nggak yang lebih baik dari kerja para sahabat, memperbaiki diri, beribadah, dan berdakwah.ke seantero daerah dan dunia.

    Subhanakallahumma wa bihamdika Asyhadu Alla ilaaha illa Anta, astaghfiruka wa Atuuba Ilaika

  34. 37

    merpati said,

    salam…. sy nak bertanyakan sesuatu kepada jemaah tabligh yang membaca. sebelum tu sy mohon maaf jika pertanyaan ini menyinggung mana2 pihak, dan sy sememangnya org2 biasa..
    situasi pertama; seorang anak berkata kepada bapanya: ayah jahil kerana tidak dpt membesarkan sy sepenuhnya sbgai islam. (setelah sertai tabligh)
    situasi kedua: anak menghantar ibu dan bapa ke umrah (anak sebelum sertai tabligh)
    setelah sertai tabligh anak berkata; ayah dan ibu pergi umrah siapa yang mendapat pahala? saya…. kerana menggunakan duit saya.
    situasi ketiga; perbelanjaan keluarga dikurangkan kerana selebihnya digunakan untuk jemaah tabligh yang akan mendoakankan nya ke syurga.
    ini hanya beberapa situasi yang ingin saya ketahui akan kebenarannya.
    sekali lagi sy mohon maaf jika ade kesilapan. cuma ingin mengetahui akan kedudukan ibu bapa didalam ajaran tabligh. dimana letaknya ibu dan bapa pd seorang anak.

    sekadar ingin berkongsi………. wassalam.

  35. 38

    karkun baru sri petaling said,

    assalamualaikum.. waduh betul betul ada sifatnya orang indonesia.. Pikirnya seluruh alam.. Tawajuhnya tinggi.. Taatnya paling hebat.. Rendah diri.. Dari kiyai kiyainya hingga kesemua karkun karkunnya.. Benar benar iri hati kami dimalaysia.. Mau lawan amallannya ngak bisa.. Mau lawan doanya lemah sekali.. Semoga allah terima pengorbanan tuan tuan semua diindonesia dan di serata dunia.. Doa doakan kami dimalaysia.. Maafkan saya satu perkara izinkan saya berikan tips pada MERPATI tadi.. Usahakan diri tuan untuk keluar 3 hari.. Insyaallah allah akan bagi jawapannya..

    ::> karkun baru sri petaling
    Amin, insyaallah mohon doanya…

  36. 39

    hamba Allah said,

    saya tertarik dengan soalan merpati said,benda2 yang anda tanyakan itu sudah menjadi perkara biasa bagi seorang pejuang agama,seperti sahabat2 nabi dahulu,selepas mereka masuk islam,banyak harta benda dan juga nyawa mereka dikorbankan demi hidayah Allah tersebar ke seluruh alam,saya syorkan anda tanyalah ustaz2 yang telah menyertai gerakan yang suci ini,usaha ini adalah tanggung jawab kita bersama seluruh umat islam,yg alim,yg berkerjaya,yg kaya,yg miskin,yg tua,yg muda semua bertanggung jawab di atas usaha mengajak kebaikan,,

  37. 40

    hamba Allah said,

    jika benar berita yang diberi tahu oleh merpati said itu,maka kesilapan sebenarnya bukan berpunca dari jemaah tabligh,akan tetapi dari kesilapan ayah saudara sendiri yg tidak mengikut tertib2 yang telah digariskan oleh pendukung2 usaha dakwah ini yang merupakan ulamak2 besar islam,mana2 pengikut usaha2 dakwah lain pun pasti dan pasti akan juga terbuat kesilapan dan khilaf,kerana orang2 islam yang menyertai usaha ini pun juga manusia,berlapang dadalah kita semua umat islam,buanglah yang keruh dan carilah kebenaran,saya syorkan saudara mendengar penjelasan dari ulamak besar islam Sheikh Nuruddin Al-Banjari di youtube,tentang makna sebenar usaha dakwah tabligh ni,islam dan usaha dakwah islam akan tetab benar,akan tetapi manusialah yang selalu lupa dan berbuat kesilapan…

  38. 41

    Abrar Malik said,

    slam i come from pakistan nd i want live with tableeghi fellow in malaysia but i dnt know where are they living and where is tableghi markaz can u help me????????///

    • 42

      abu fateh said,

      To Mr abrar malik

      Please come to masjid bandar Baru Sri petaling,near to bukit jalil national stadium, Kuala lumpur .

  39. 43

    mus said,

    aslmkm saya hamba yang lemah,bodoh,sikit sangat ilmu.. tapi satu ja saya nak bagitahu keluarlah jalan Allah semua masalah Allah akan tunjuk..yakinlah saudara,yakinlah saudara,yakinlah saudara. wasslm.

  40. 44

    tajima said,

    siape nak keluar di jalan allah

  41. 45

    H. Zakaria, Pontianak said,

    ass.wr.wb.
    Yang mulia penaggung jawab Markaz Sri Petaling, kami informasikan bahwa insyaAllah sekitar 25 orang ahbab daripada Pontianak, Kalimantan Barat, akan berkunjung ke masjid Jami’ Spetaling untuk hadiri ijtima’ KL. Mereka datang tanggal 24 april 2014 s/d 28 april 2014. Terima kasih atas penerimaannya, jazakumullah khoir…

    Atas nama penaggung jawab Kota Pontianak,
    H. Zakaria


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: