:: Masjid Jami’ Kebon Jeruk

Sejarah penyebaran Islam di berbagai tempat di muka bumi ini tak bisa dilepaskan dari sejarah orang yang berhijrah dari satu tempat ke tempat yang lain. Masjid Jami Kebon Jeruk, yang terletak di jalan Hayam Wuruk 83, Tamansari, Jakarta Barat juga didirikan oleh seorang muhajirin dari Tionghoa bernama Chau Tsien Hwu pada tahun 1786.

Sebelumnya, di tanah yang sama telah berdiri surau kecil. Pada saat Chau Tsien Hwu datang, ia menemukan surau tersebut dalam keadaan rusak dan tak terpelihara. Bersama teman-temannya sesama muhajirin, ia berinisiatif untuk mendirikan masjid yang hingga kini bangunan luarnya masih berdiri kokoh dan bentuknya asli seperti pada saat didirikan.

Masjid Kebon Jeruk saat ini merupakan markaz (pusat kegiatan) usaha Tabligh di Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan permasalahan, kendala, rencana kegiatan, pengiriman jamaah dan lain-lainya yang berkaitan dengan usaha Tabligh di Indonesia digodog dalam musyawarah yang setiap hari dilakukan di masjid ini. Markaz Tabligh semacam Masjid Jami Kebon Jeruk saat ini terdapat hampir di semua negara di dunia.

Masjid ini setiap harinya selalu dipenuhi dengan jamaah-jamaah transit, yang datang dari berbagai tempat di dalam maupun luar negeri, untuk kemudian pergi melanjutkan perjalanan dakwahnya ke tempat-tempat yang telah diputuskan dalam musyawarah.

Apa yang dilakukan di masjid ini adalah ingin mencontoh apa yang telah Rasulullah SAW beserta para sahabatnya di Masjid Nabawi dulu. Bukan pada kemegahan bangunannya, atau keindahan arsitekturnya, tetapi pada amalan-amalan agama yaitu menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dakwah, ta’lim dan taallum, dzikir dan ibadah serta hidmat (pelayanan).

Seakan tak mau kalah dengan kesibukan kesibukan di kawasan jalan hayam Wuruk dan Gadjah Mada, aktivitas di masjid ini juga berlangsung selama 24 jam setiap hari, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan dan 365 hari dalam setahun. Tidak ada kata libur atau waktu luang di dalam aktifitas keagamaan di masjid ini, hari-hari di dalamnya full dengan berbagai kegiatan ; ta’lim, muzakarah, bayan, dzikir, shalat, baca Alquran, musyawarah, khidmat dan lain sebagainya.

Posisi masjid ini dari udara bisa juga dapat dilihat di wikimapia.

About these ads

44 Responses so far »

  1. 1

    Ahmad alaikasalam said,

    Duniaku yg sementara Serta Akhiratku yg selamanya…PASTI. Wahai saudaraku doakan aku yg hina, lemah dan rendah dihadapan Allah Swt ini agar selalu memiliki sedikit kemampuan tuk mengikuti jalan Rasulmu saw…

    >> Ahmad alaikasalam :
    Amien, amien, taqabbal duaana ya Allah.

  2. 2

    abu afifah said,

    semoga ALLAH kekalkan nikmat ini pada kita semua, agar kita iistiqomah dalam usaha kenabian ini. inilah manhajul nubuah. takmuruna bil ma’ruf wa tanhauna anil munkar.

    mari kita saling do’a kan. sifat orang beriman kalau jauh saling mendo’alkan dan kalau dekat bersilaturrahmi dan saling menasehati dalam birri dan taqwa.

    ::> abu afifah
    Amin, amin, amin taqabbal duaana ya Allah. Jazakalllah atas kunjungannya

  3. 3

    muhammad Amin said,

    Mudah2an setiap mesjid hidup amalan agama. :Dawah ilalloh, Ta’lim wat ta’lum ,Dzikir ibadah & Khidmat

    ::> muhammad Amin
    Amiin, perlu kesungguhan dan pengorbanan kita semua

  4. 4

    muhammad.irfan said,

    tegakkan kalimat lailahailallah ke seluruh umat
    sampai akhir jaman..

    ::> muhammad.irfan
    Insyaallah…..

    • 5

      arif said,

      semoga Allah terima semua pengorbanan kita semua.
      dan istiqomahkan kita di jalanNya sampai mati. amin
      takaza dari masyech bagaimana agar setiap jengkal tananh di indonesia pernah di lalui jamaah insyaAllah siap tambah pengorbanan kita untuk khuruj fisabilillah 3 hari atau 40 hari atau 4 bulan dengan jalan kaki insya Allah. saya niat bagaimana saudara?????????

      ::> arif
      Insyaallah…

      .

  5. 6

    harun said,

    assalam.ap kbr saudaraku?bgm puasany,ente sdh keluar berapa hari,maaf neh yg ane tau tabligh itu kagak disebar luaskn lewat internet,kasian para msyaikh kita telah buat pengorbanan hbis hbisan eh ente malah dibuat mainan ente mesti keluar 4bln ipb dlu ok

    ::> harun
    Waalaikum salam. Mohon doanya, insyaallah tahun ini bisa ke IPB….Mohon doanya juga supaya bisa tingkatkan pengorbanan untuk agama. Jazakallah atas nasehatnya

  6. 7

    jaulah said,

    IPB ayo do’akan ini lagi mo berangkat

    ::> jaulah
    Insyaallah, mudah2an Nopember ini saya juga bisa berangkat

  7. 9

    husni amran said,

    Mohon do’ax slrh da’i di Indonesia agar kita jadi dikunjungi Mln. Saad (India) & Haji Wahab sab (Pakistan) tahun depan 2009

    ::> husni amran
    Insyaallah, kita tingkatkan pengorbanan dan doa kita….

  8. 10

    husni amran said,

    Saya mhn do’a agar dimudahkan Allah SWT bln Jan ’09 mau khidmat Nizamuddin……. amin

    ::> husni amran
    Sama-sama akhi, saya mohon doanya juga mudah2an awal Nop 08 ini saya bisa diberangkatkan ke Nizamuddin..

  9. 11

    Mohammad Dwi said,

    Assalamualaikum..sy bulan nopember tahun ini sdh jatuh tempo utk jalankan nisab 40 hari,inshaALLAH sy niat mau brgkt ke Negeri Jauh lagi (terakhir tahun 2000),berhubung sy lemah jadi jarang sekali musyawarah markaz & halaqah bilamana tuan-tuan ada info jemaah yg berangkat ke Negeri Jauh (tujuan mana saja) mohon kabari sy di 08568587585 atau silakan masukkan nama sy di dalam jemaah tsb melalui ruang tasqil markaz..InshaALLAH sy siap bergabung.Semoga ALLAH kekalkan kita dalam hidayah & jadikan dakwah maksud hidup kita sampai mati..Amiin Yaa Rabbal alamiiin.JazakaLLAH Khair

  10. 12

    nanta kalbar said,

    Assalammu’alaikhum

    waktu setelah istimak serpong ayahanda saya syahid waktu keluar dijakarta setelah istimak serpong. saya dengar karkujari dari teman-teman jenazahnya di bawa di masjid kebun jeruk, di sambut disana dan dimandiin olah jamaah arab sampai dengan penguburannya. pokoknya semuanya dikerjakan dengan orang-orang markas. Saya dari sini hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah SWT dan kawan-kawan di markas kebuk jeruk.

    semoga hidayah tercurah ke negeri kita dan negeri seluruh alam….. Amin……

    ::> nanta kalbar
    Inna lillahi wainna ilaihi rajiun, semoga menjadi asbab hidayah untuk seluruh alam

  11. 13

    pendosa said,

    doain saya agar bisa kurutj lagi ….terikat ama kerjaan nechh saudara2..

  12. 14

    Abdul Karim said,

    Allah SWT gives you Iman If You Effort To Iman
    I’m Niat go In the Path of Allah four Month InsyaAllah
    IPB (India, Banglades, Pakistan)
    to learn Da’wa Nabi SAW

  13. 16

    syahrudin said,

    as..wr..wb,
    ane karkun sejak th 2000, tapi dah krg lbh 2 thn ini vakum. alhamdulillah kemarin 14/3’09 ada juur Bekasi di Tambun, ane ditasykil ama tasykilan ana dulu namanya teguh temen juga waktu ane berlayar di kapal pelni, ane datang ke sana. Sediih bangeet hati ini begitu bergabung dgn ikhwan yg lainnya yg dah begitu mantep ikut usaha ini. Dan begitu mendengar bayan yg disampaikan salah seorang ust yg ane ga kenal (krn memang ane dah lama vakum) ane menangis, kenapa waktu dulu susah stlh keluar dari berlayar bisa khuruj 3 hari rutin tiap bln, tp sekarang ga bisa ya!
    oleh krn itu ane minta do’a dari para karkun spy ane bisa khuruj/da’wah istiqomah sampai mati, amiin.
    was…wr…wb

    ::>syahrudin
    Wassalamu alaikum wr. wb.
    Mudah2an kita tidak tidak dilemparkan dari usaha ini

  14. 17

    rizki deri said,

    Assalaamu’alaikum….
    Untuk semua jama’ah yang sedang keluar di jalan ALLAH SWT, mudah2 di berikan kekuatan, hidayah dan inayah.
    Mohon do’a dari semua karkun/ahli da’wah untuk saya agar dapat dipilih oleh ALLAH SWT untuk dapat keluar kembali di jalan-Nya.
    Saya karkun di Halaqoh Klender Jakarta timur, muhallah Masjid An Nadwah Pondok Kopi. Sudah lama tidak aktif lagi di usaha Agama. Ingin sekali kembali dalam usaha ini. bagaimana caranya ya?
    Suatau perubahan yang signifikan saya dapatkan dalam diri sewaktu menjalani usaha ini. Dalam segala hal, terutama hal Agama, yang tadinya lemah berangsur-angsur menjadi kuat.
    Saya rasakan sendiri sewaktu jauh dari usaha ini, berangsur-angsur pula lemah dalam segala hal…lemah iman terutama.
    Sekali lagi saya mohon di do’akan oleh semua karkun di seluruh Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya.
    Dan untuk semua karkun yang masih aktif, tolong jaga istiqomahnya dalam usaha ini. Jangan seperti saya, menjadi terpuruk kembali karena tidak istiqomah.
    Wassalaamu’alaikum

    ::> rizki deri
    Kuncinya, seperti disebut diatas istiqamah ya ? Mudah2an

  15. 18

    M.Ilyas said,

    Kurangi jam di komputer syaikh,

  16. 19

    dul kholiq said,

    bagi teman2 yg lain mari kita mulai dari maqomi dan tambahan dari intiqoli shg Allah beri kita kekuatan lagi, karena da’wah ini sarana tarbiyah umat secara berthap2 untk mencapai sifat2 yg di kehendaki Allah . Doain ana bisa sgra masturah lagi dan ke IPB

    ::> dul kholiq
    Setuju mas, mari kita tingkatkan pengorbanan kita…..Insyaallah sgr berangkat, saya mohon doanya juga

  17. 20

    JUNAID said,

    ASSALAMUALAIKUM…..
    Kejayaan hanya dalam mentaati Allah dan RasulNya.. Doakan saya supaya keluar 4 bln IPB

    ::> JUNAID
    Waalaikum salam. Insyaallah kita saling mendoakan….

  18. 21

    Fachmy_Pdg said,

    Ass…Allah kuasa, makhluk tak kuasa!kejayaaan manusia hanya dalam agama.
    Mhn do’anya bln juni ini ane mau walimah. Libatkan isteri dalam da’wah.Amin…
    Sungguh beruntung orang yang Allah pilih dalam kerja nubuwwah ini, istiqomah, dan mati dalam da’wah

    ::> Fachmy_Pdg
    Insyallah, lebih cepat lebih baik. jangan lupa dua sayap harus terbang ya….

  19. 22

    akmal said,

    4 BULAN AJ DEH………..!

    ::> akmal
    Insyaallah…

  20. 23

    harun pakistan said,

    ass.kaifahaluk ya akhi?ente dh keluar ipb lum…………………….tolong nampakkan foto2 istima dserpong,ane pelajar dpakistan

    ::> harun pakistan
    Alhamdulillah, baru i, p & b nya mudah2an segera berangkat secepatnya. Insyaallah…

  21. 24

    muhammadauf said,

    zemangat2 mujahid2 alloh juor BSD khuruj semua org2 indonesia ya alloh 4bln gw niat 4 bln cash

    ::> muhammadauf
    Alhamdulillah

  22. 25

    muhammadauf said,

    saya siap di khususi syeh tarik tangannya bawa tasnya saya siap cash 4 bln

    ::> muhammadauf
    Alhamdulillah

  23. 26

    Rabbna_yuwaffeq said,

    assalamu’alaikum
    semoga Allah teguhkan kita dijalan ini. Amiin…
    saya minta tolong nih, ada yang tahu tentang syura indonesia nggak….

    ::> Rabbna_yuwaffeq
    Amiin……..

    • 27

      hawliyaw said,

      suro indonesia pak cecep jakarta,ky.zeron=jawa timur,ky.muklisun=magelang hanya itu yang ana tau…dari karkun padang=pariaman

      ::> hawliyaw
      Gak tahu gak apa, yang penting kerjanya ya… ?

  24. 28

    Muhammad Maman said,

    Kata orang tua kita : jangan ngejos dalam da’wah, santai saja, santainya da’wah 4 bulan setiap tahun…. Insya Allah…..

    ::> Muhammad Maman
    Insyaallah….

  25. 29

    abu musa said,

    ass,
    saya baru datang dari Sumatera Jakarta tepatnya di Pamulang tempat kakak saya untuk khidmat orang tua sebab ia hendak pulang ke Sumatera, jadi saya bertemu dengan simpatisan dan asbab dakwah di daerahnya di Lampung ia yang bernama Hidayat, seorang penjual nangka masak di Pasar Baru, Jakarta, kalau tidak salah, ia tinggal di Pamulang bersama adiknya dan tinggal di dekat bidan Erika di Pamulang II, jadi saya yang belum begitu faham daerah ini meminta dengan sangat kepada karkun tempatan agar ia dapat keluar 3 hari sebab ia niat hendak belajar sampai IPB dan aliyahnya sudah sunnah dengan memakai purdah, ia sholat di masjid taqwa, pamulang II, demikian, silakan para karkun sini telusuri sebab domba akan dimakan oleh serigala bila keluar dari jamaahnya
    wass

  26. 30

    zaid said,

    assalamualaikum umat nabi di Jakarta ane pernah keluar di daerah cakung,bogor,cikeas,.Minta doanya supaya ane bisa amal maqomi dan istiqomah dalam da,wah wattabligh

    ::> zaid
    Amiin sama2 kita saling mendoakan…

  27. 31

    musaddiq malaysia said,

    Assalamualaikum. khaira ummati ukhrijadlinnas…Teringin datang ziarah markaz kebun jeruk jakarta,do”akan ana dapat keluar 40h di Indonesia. azam secepat mungkin.

  28. 32

    muhammad imam sofyan said,

    wahai tentara allah bangkitlah jgn tidur kerja dunia ini hanya permainan saja ayo keluar jalan kaki dakwah niat seluruh alam

  29. 33

    ya allah tun2lah hamba di jalan yg telah engkau ridoi..agar hamba selamat dari siksa u. seblum nya aq bukan lah muslim yg baik. penuh dosa dn hinna,, do’an yah…..biar lebih baik dr seblum nya…..

  30. 34

    Budi Hartono said,

    Bagi Pemula ikut 3 hari dulu Insya Allahi dapat hakekat Iman

  31. 35

    usman said,

    ya allah bim2ng aq agar selalu brada di jalan u…

  32. 36

    dian wahyudi said,

    seseoarang yang keluar di jalan allah dan beriman kepadanya dengan ikhlas,,dan mengorbankan diri sendiri dan htanya,,allah berjanji akan mengampuni dosanya dan di masukkan ke dalam golongan orang yang beruntung.

    insyallah semua dapat mengamalkannya..
    insyaallah

  33. 37

    Abdullah said,

    Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Akhi…Alamat Markaz Daerah Jogjakarta dan sekitarnya dimana ya (Patokan dan Nama Jalan) dan ada gak Pondok Pesantren buat belajar agama di sekitar situ?
    Terima Kasih,
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    ::> Abdullah
    Masjid Al Iitihad Jl Kaliurang Km 5,5 Karangwuni Yogyakarta, insyaallah sangat mudah dicari

  34. 38

    muhlis h.mustapeng said,

    Bagaimana kiat agar bisa istiqamah 4 bln setiap tahun & tidak kecanduan didepan komputer ( 2,5 jam melayang ), jazakumullahkhairankatziran.

  35. 39

    taufiq said,

    Sodaraku bantu da`a untuk aku agar istiqomah dan hijrah dari keadaan imanku yang sekarang yang compang camping agar istiqomah menjadi muslim yang kaffah……

  36. 40

    Asalamualikum,…wr..wb,…
    silahkan mampir ke blog ane gan ta’aruf

  37. 41

    Idham said,

    Idham (Tb Tinggi Empat Lawang)
    Mohon do’anya biar bangkit kerja-lagi, ….

  38. 42

    mr jenggo permata said,

    saling do’a dah lama nggak kerja rasanya hidup ini hampa n ndak ada rasanya

    mr jenggo permata
    Amin insyaallah….

  39. 43

    fadli bachmid ampana said,

    Suka

  40. 44

    subhanalloh…? doa bin doanya syekh! agar ana bisa taat istiqomah. wsslmkmwrwb


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: